Detail Cantuman Kembali
Sri Astutiwati - Personal Name

PERILAKU BAIK TOKOH UTAMA DALAM NOVEL GUNUNG UNGARAN KARYA NH DINI: PERSPEKTIF SONNY KERAF (KAJIAN EKOLOGI SASTRA)

Penelitian ini berfokus pada aspek dan bentuk etika lingkungan tokoh utama dalam novel Gunung Ungaran karya NH. Dini (2018). Analisis dilakukan dengan memanfaatkan teori ekologi sastra. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: perilaku baik tokoh utama dalam novel. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka dengan pendekatan deskripsi kualitatif. Data didapat melalui teknik baca dan catat. Teknik analisis meliputi reduksi data dan penyajian data. Teori pendukung yang digunakan adalah kajian Etika Lingkungan. Teori ini melihat bagaimana sikap tokoh utama dalam mengambil sikap terhadap persoalan lingkungan di sekitarnya. Data dalam penelitian ini berupa kalimat yang diperoleh dari tokoh utama dalam novel. Sumber data penelitian ini berupa novel Gunung Ungaran Karya NH Dini yang diterbitkan oleh Penerbit Media Pressindo, Yogyakarta. Karya sastra berupa novel yang memuat 16 bab cerita merupakan cetakan pertama pada tahun 2018 dan memiliki tebal 408 halaman. Hasil penelitian menunjukkan sikap yang ditunjukkan Dini yaitu sikap yang dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip etika lingkungan. Menurut perspektif Keraf ditemukan adanya 5 bentuk prinsip-prinsip etika lingkungan dalam novel, yaitu (1) sikap hormat terhadap alam, (2) sikap tanggung jawab terhadap
alam, (3) sikap solidaritas terhadap alam, (4) sikap kasih sayang dan kepedulian terhadap alam, dan (5) sikap tidak menggangu dan selaras dengan alam. Selanjutnya, upaya yang dilakukan Dini sebagai tokoh utama dalam novel untuk membuktikan bahwa dengan hidup berdampingan dengan alam tidak akan merugikan. Gambaran itu menunjukkan kepada orang yang ada di sekitarnya bahwa pentingnya untuk menjaga alam dan lingkungan demi hidup yang lebih nyaman dan mengurangi kerusakan dan kerugian pada ekosistem.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERILAKU BAIK TOKOH UTAMA DALAM NOVEL GUNUNG UNGARAN KARYA NH DINI: PERSPEKTIF SONNY KERAF (KAJIAN EKOLOGI SASTRA)
Pengarang Sri Astutiwati - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SRI p 2024
Subyek ekologi,
novel Gunung Ungaran
perilaku baik
etika lingkungan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Ilmu Budaya
Jurusan Sastra Indonesia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua