Detail Cantuman Kembali
Miranda Ibau - Personal Name

Formulasi dan Penentuan Nilai SPF (Sun Protection Factor) Sediaan Gel Tabir Surya Ekstrak Etanol Rimpang Kunyit Hitam (Curcuma caesia Roxb.)

Kunyit hitam (Curcuma caesia ROXB.) merupakan salah satu spesies dari kunyit, dari family Zingberaceae yang memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi dan memiliki hubungan erat dengan aktivitas tabir surya yang merupakan senyawa untuk menyerap atau memantulkan sinar matahari sehingga dapat mencegah gangguan pada kulit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas tabir surya dari ekstrak etanol rimpang kunyit hitam dan sediaan gel yang akan dibuat. Formula basis gel dibuat dengan memvariasikan konsentrasi carbopol yaitu 0,5%, 1%, 2% kemudian dievaluasi karakteristik fisik meliputi uji organoleptik, uji homogenitas, uji viskositas, uji daya sebar, uji pH, dan uji stabilitas dengan metode cycling test. Hasil formula basis yang terbaik adalah formulasi dengan konsentrasi carbopol 0,5%. Formula basis terbaik digunakan untuk formulasi gel ekstrak etanol rimpang kunyit hitam. Gel ekstrak etanol rimpang kunyit hitam dibuat menjadi tiga formula dengan konsentrasi ekstrak masing-masing sebesar 0,05%, 0,06% dan 0,07%. Hasil yang diperoleh formula 3 merupakan gel yang memiliki aktivitas tabir surya paling baik dengan nilai %Te termasuk kategori proteksi ekstra dan %Tp termasuk kategori sunblock dan nilai SPF sebesar 20,13 termasuk kategori proteksi ultra.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Formulasi dan Penentuan Nilai SPF (Sun Protection Factor) Sediaan Gel Tabir Surya Ekstrak Etanol Rimpang Kunyit Hitam (Curcuma caesia Roxb.)
Pengarang Miranda Ibau - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MIR f 2024
Subyek TABIR SURYA
SPF
gel
Rimpang kunyit hitam
%Te dan %Tp
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Farmasi
Jurusan Farmasi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua