HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA SMA DI MASA PERALIHAN PEMBELAJARAN DARING KE LURING
Penelitian ini ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dengan kemandirian belajar pada siswa SMA di masa peralihan pembelajaran daring ke luring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 100 siswa SMA di Samarinda yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan skala kepercayaan diri dan kemandirian belajar.Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment .Jumlah item yang valid untuk skala kepercayaan diri terdapat 28 item yang valid dari 30 item untuk 50 subjek uji coba dan untuk
skala kemandirian belajar yang valid terdapat 27 item dari 30 item untuk 50 subjek uji coba. Validitas yang didapatkan dari r tabel sebesar 0.186. Reliabilitas skala kepercayaan diri sebesar 0.926 dan reliabilitas skala kemandirian belajar sebesar 0.868.
Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis Product Moment. Didapatkan r hasil (0.986) >r tabel (0.186) dengan taraf signifikansi 0.05. Berdasarkan kenyataan ini, bahwa H1 diterima dan dapat disimpulkan koefisien korelasi kepercayaan diri dan kemandirian belajar bernilai signifikan, artinya terdapat hubungan antara kepercayaan diri dengan kemandirian belajar siswa
SMA di Samarinda.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA SMA DI MASA PERALIHAN PEMBELAJARAN DARING KE LURING |
---|---|
Pengarang | DEVI MEGA ANATANIA PUTRI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI DMA h 2024 |
Subyek | kepercayaan diri, kemandirian belajar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | PSIKOLOGI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY