Detail Cantuman Kembali
DAHLIAH - Personal Name

KUALITAS PELAYANAN PERPANJANGAN SURAT TANDA NOMOR KENDARAAN 5 TAHUNAN PADA KANTOR BERSAMA SAMSAT KOTA SAMARINDA

Dahliah, Kualitas Pelayanan Perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan 5 Tahunan Pada Kantor Bersama Samsat Kota Samarinda dibawah bimbingan Bapak Dr. Enos Paselle, M.AP dan Ibu Dini Zulfiani, M.Si.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasikan kualitas pelayanan perpanjangan surat tanda nomor kendaraan 5 tahunan pada Kantor Bersama Samsat Kota Samarinda. Dan untuk mengidentifikasikan faktor penghambatnya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptrif kualitatif. Fokus penelitian menggunakan : dimensi tangible (berwujud), dimensi reliability (kehandalan), dimensi responsiviness (ketanggapan), dimensi assurance (jaminan), dimensi empathy (empati) dan faktor penghambat kualitas pelayanan perpanjangan surat tanda nomor kendaraan 5 tahunan pada Kantor Bersama Samsat Kota Samarinda. Key informan pada skripsi ini yaitu Kepala Pendataan dan Penetapan UPTD PPRD Wilayah Samarinda serta informan lainnya yaitu Kanit Regident Baur STNK, Petugas Pencetakan TNKB, Petugas Pelayanan Pencetakan Fisik Kendaraan dan Masyarakat sebagai wajib pajak. Analisis data yang digunakan menggunakan model interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman dan Saldana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan perpanjangan surat tanda nomor kendaraan 5 tahunan pada Kantor Bersama Samsat Kota Samarinda dari dimensi Tangible telah cukup baik dan berkualitas. Akan tetapi masih ditemukan kurangnya lahan parkir mobil serta kurang rapinya kendaraan. Dimensi Reliability petugas penyedia layanan mampu memberikan pelayanan yang baik serta handal. Dimensi Responsiviness sudah cukup baik dan tanggap dalam menangani keinginan pelanggan. Namun masih ditemukan belum sesuainya waktu pelayanan yang ditetapkan pada standar pelayanan. Dimensi Assurance sudah baik dilihat dari kemampuan petugas pelayanan dalam memberikan informasi kepada wajib pajak serta memberikan arahan kepada masyarakat atau wajib pajak dengan sikap sopan serta ramah. Dimensi empathy sudah cukup baik ditandai dengan petugas tidak diskriminatif dalam memberikan pelayanan. Namun masih ditemukannya petugas yang kurang senyum. Dan terdapat Faktor penghambat yang ditemukan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KUALITAS PELAYANAN PERPANJANGAN SURAT TANDA NOMOR KENDARAAN 5 TAHUNAN PADA KANTOR BERSAMA SAMSAT KOTA SAMARINDA
Pengarang DAHLIAH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI DAH k 2023
Subyek Kualitas Pelayanan
Perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan 5 Tahunan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan ADMINISTRASI PUBLIK
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua