KUALITAS PELAYANAN PERPANJANGAN SURAT TANDA NOMOR KENDARAAN 5 TAHUNAN PADA KANTOR BERSAMA SAMSAT KOTA SAMARINDA
Dahliah, Kualitas Pelayanan Perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan 5 Tahunan Pada Kantor Bersama Samsat Kota Samarinda dibawah bimbingan Bapak Dr. Enos Paselle, M.AP dan Ibu Dini Zulfiani, M.Si.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasikan kualitas pelayanan perpanjangan surat tanda nomor kendaraan 5 tahunan pada Kantor Bersama Samsat Kota Samarinda. Dan untuk mengidentifikasikan faktor penghambatnya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptrif kualitatif. Fokus penelitian menggunakan : dimensi tangible (berwujud), dimensi reliability (kehandalan), dimensi responsiviness (ketanggapan), dimensi assurance (jaminan), dimensi empathy (empati) dan faktor penghambat kualitas pelayanan perpanjangan surat tanda nomor kendaraan 5 tahunan pada Kantor Bersama Samsat Kota Samarinda. Key informan pada skripsi ini yaitu Kepala Pendataan dan Penetapan UPTD PPRD Wilayah Samarinda serta informan lainnya yaitu Kanit Regident Baur STNK, Petugas Pencetakan TNKB, Petugas Pelayanan Pencetakan Fisik Kendaraan dan Masyarakat sebagai wajib pajak. Analisis data yang digunakan menggunakan model interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman dan Saldana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan perpanjangan surat tanda nomor kendaraan 5 tahunan pada Kantor Bersama Samsat Kota Samarinda dari dimensi Tangible telah cukup baik dan berkualitas. Akan tetapi masih ditemukan kurangnya lahan parkir mobil serta kurang rapinya kendaraan. Dimensi Reliability petugas penyedia layanan mampu memberikan pelayanan yang baik serta handal. Dimensi Responsiviness sudah cukup baik dan tanggap dalam menangani keinginan pelanggan. Namun masih ditemukan belum sesuainya waktu pelayanan yang ditetapkan pada standar pelayanan. Dimensi Assurance sudah baik dilihat dari kemampuan petugas pelayanan dalam memberikan informasi kepada wajib pajak serta memberikan arahan kepada masyarakat atau wajib pajak dengan sikap sopan serta ramah. Dimensi empathy sudah cukup baik ditandai dengan petugas tidak diskriminatif dalam memberikan pelayanan. Namun masih ditemukannya petugas yang kurang senyum. Dan terdapat Faktor penghambat yang ditemukan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | KUALITAS PELAYANAN PERPANJANGAN SURAT TANDA NOMOR KENDARAAN 5 TAHUNAN PADA KANTOR BERSAMA SAMSAT KOTA SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | DAHLIAH - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI DAH k 2023 |
Subyek | Kualitas Pelayanan Perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan 5 Tahunan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | ADMINISTRASI PUBLIK |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY