STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN DESTINASI WISATA LADANG BUDAYA DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Meli Nuri Lestari, 2024. Pariwisata menjadi satu di antara sektor unggulan dalam menunjang perekonomian di Indonesia. Pariwisata juga merupakan sektor yang memiliki potensi besar guna dikembangkan menjadi sumber pendapatan daerah. Strategi promosi yang tepat harus dilakukan guna mengembangkan sektor pariwisata. Tenggarong adalah destinasi wisata Ladang Budaya (Ladaya) yang berada di Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui apa saja bentuk kegiatan promosi yang dilakukan dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Ladang Budaya, dan mengetahui apa saja bentuk strategi yang dilakukan dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Ladang Budaya. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif deskriptif melalui teknik wawancara. Hasil penelitian didapatkan bahwa Upaya dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Ladang Budaya ialah melakukan perbaikan sarana dan prasarana. Strategi pemasaran yang dilakukan berkaitan dengan promosi Ladang Budaya juga beraneka ragam, diantaranya adalah digital advertising melalui media WhatsApp dan platform Instagram, personal selling yang dilakukan secara bertatap muka dengan calon wisatawan untuk menawarkan beberapa wahana serta adanya komunitas Ladaya Berempu, dan public relation melalui kerjasama dengan travel agent yang biasanya memuat berbagai rombongan wisatawan untuk dapat meningkatkan kunjungan wisatawan. Beberapa hal solutif yang dapat dilakukan guna meningkatkan pengunjung Ladang Budaya antara lain ialah; aktif media sosial, mendukung konten buatan pengunjung, melakukan kemitraan dengan komunitas, dorongan ulasan dan testimonial online.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN DESTINASI WISATA LADANG BUDAYA DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA |
---|---|
Pengarang | MELI NURI LESTARI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MEL s 2024 |
Subyek | pariwisata STRATEGI PROMOSI Wisatawan ladang budaya |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | ADMINISTRASI BISNIS |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY