IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PHET SIMULATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMAN 2 SAMARINDA
Model problem based learning menjadi salah satu model pembelajaran yang direkomendasikan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, selain pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, pembelajaran yang berdasar pada masalah ini mampu mendorong peserta didik untuk mencari penyelesaian dengan menggali berbagai infomasi yang dibutuhkan untuk mendapatkan solusi dari permasalahan. Phet simulation merupakan media lab virtual yang dirancang untuk memberi kemudahan menyampaikan materi serta mampu memvisualisasikan konsep fisika yang bersifat abstrak supaya lebih mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar fisika menggunakan model problem based learning berbantuan media phet simulation pada materi usaha dan energi. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Pre-Experimental Design dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 2 Samarinda sebanyak 108 orang, sedangkan untuk sampelnya yaitu 36 peserta didik kelas XI MIPA A SMAN 2 Samarinda. Pengumpulan data menggunakan teknik tes sebanyak 10 soal essay yang diberikan pada saat sebelum dan setelah diberikan perlakuan. Penelitian ini menggunakan uji N-Gain sebagai uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest diperoleh sebesar 11,33 dan rata-rata nilai posttest sebesar 75,61. Kategori peningkatan hasil belajar peserta didik terdapat pada kategori tinggi berdasarkan perolehan rata-rata hasil N-Gain sebesar 0,73. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diberi perlakuan. Oleh sebab itu implementasi model problem based learning berbantuan phet simulation dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar fisika.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PHET SIMULATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMAN 2 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | DISTRYARIN ENGGAR PRATIWI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI DIS i 2024 |
Subyek | Hasil Belajar Model Problem Based Learning Media PhET Simulation Usaha dan Energi |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN FISIKA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY