KORELASI KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 SAMARINDA
Proses pembelajaran merupakan kegiatan yang dapat mempengaruhi para siswa mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan, salah satunya kepercayaan diri memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa termasuk pembelajaran kimia. Kepercayaan diri siswa dalam penelitian ini adalah kepercayaan diri yang meliputi dimensi magnitude, strength, dan generality. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi kepercayaan diri dengan prestasi belajar kimia siswa kelas XI SMA Negeri 8 Samarinda. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif menggunakan pendekatan korelasional. Penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 8 Samarinda tahun ajaran 2022/2023. Hasil perhuitungan diketahui uji signifikansi 0,044 pada taraf signifikasi 5%. Nilai koefisien determinasi (r2) diketahui yaitu 0,100 atau 10%. Berdasarkan hasil analisis prestasi belajar siswa hanya dipengaruhi oleh 10%. Kepercayaan diri merupakan salah satu faktor penting yang juga turut berpengaruh pada pencapaian prestasi belajar siswa. Siswa dengan kepercayaan diri rendah cenderung menghindari banyak tugas yang rumit dan sulit. Sedangkan siswa dengan kepercayaan diri yang tinggi justru merasa tertantang untuk menyelesaikannya.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | KORELASI KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | DEVI LISTIANINGRUM - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI DEV k 2024 |
Subyek | Prestasi Belajar kepercayaan diri |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN KIMIA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY