Detail Cantuman Kembali
Achmad Afandi - Personal Name

PENGARUH KONSENTRASI DAN INTERVAL PUPUK ORGANIK CAIR NASA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KACANG PANJANG (Vigna sinensis L.)

ABSTRAK
ACHMAD AFANDI. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2008. Pengaruh Konsentrasi dan Interval Pupuk Organik Cair Nasa terhadap pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kacang Panjang (Vigna sinensisL). Di bawah bimbinganA.Syamad RamayanadanBambang Supriyanto.
Tujuan dari percobaan ini adalah untuk mengetahui konsentrasi dan interval pemberianPupuk Organik Cair terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kacang panjang (Vigna sinensisL.).
Penelitian dilaksanakan selama 3 bulan, di Kelurahan Pelita, Sungai Pinang Dalam, Kecamatan Samarinda Utara. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial dengan 2 faktor dan masing-masing perlakuan diulang sebanyak tiga kali. Faktor pertama adalahkonsentrasi Pupuk Organik Cair NASA yang terdiri dari 4 taraf yaitu : p1 (kontrol); p2 (2 ml L-1 air); p3 (4 ml L-1 air) dan p (6 ml L-1 air). Sedangkan faktor kedua adalahinterval pemupukan Pupuk Organik Cair NASA yang terdiri dari 3 taraf yaitu : a1 (7 hari sekali setelah tanam); a (14
hari sekali setelah tanam) dana (21 hari sekali setelah tanam).
Hasil penelitian menunjukkan perlakuan konsentrasi POC NASA memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap semua variabel pengamatan kecuali terhadap panjang sulur saat panen. Konsentrasi terbaik dicapai oleh perlakuan p3 (4 ml L-1 air) dengan hasil segar adalah2,53 Mg ha-1. Interval pemupukan POC NASAmemberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap semua variabel pengamatan kecuali terhadap panjang sulur saat panen dan umur tanaman saat berbunga. Interval pemupukan yang paling sesuai dicapai oleh a1 (7 hari sekali setelah tanam) dengan hasil segar sebesar 2,45Mg ha-1. Interaksi
Antara interaksi konsentrasi dan interval pemupukan POC NASA berbeda tidak nyata terhadap semua variabel pengamatan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH KONSENTRASI DAN INTERVAL PUPUK ORGANIK CAIR NASA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KACANG PANJANG (Vigna sinensis L.)
Pengarang Achmad Afandi - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2008
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua