Detail Cantuman Kembali
BAYU HIDAYAT - Personal Name

IMPLEMENTASI INSTRUKSI WALIKOTA NOMOR 1 TAHUN 2021 TENTANG PMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT (PPKM) UNTUK PENGENDALIAN PENYEBARAN COVID-19 DI KOTA SAMARINDA (STUDI KASUS PADA KECAMATAN SUNGAI KUNJANG)

Bayu Hidayat, NIM. 1902018001. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Mulawarman, Juli 2022, Implementasi Instruksi Walikota Samarinda Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Kota Samarinda (Studi Kasus pada Kecamatan Sungai Kunjang). Selaku Ketua Komisi Pembimbing: Prof. Dr. H. Adam Idris, M. Si dan Anggota Komisi Pembimbing : Dr. Santi Rande, M. Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi Instruksi Walikota Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk pengendalian penyebaran Covid-19 di Kota Samarinda dan mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode dari Kualitatif Deskriptif. Untuk Key Informan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Samarinda dan Camat Sungai Kunjang, Pengumpulan Data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data model Interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku kebijakan melaksanakan instruksi Wali Kota dengan baik dilihat dari beberapa variabel yang ada seperti komunikasi dan koordinasi yang tersalurkan dengan baik antar instansi, Sumber Daya yang berasal dari seluruh ASN dan TNI-Polri serta Relawan Masyarakat Sumber Dana yang berasal dari APBD dan BTT. Disposisi melalui Komitmen Kepala Daerah, dan Struktur Birokrasi yang jelas dilaksanakan sesuai dengan Instruksi Walikota No 1/2021 tentang PPKM. Kemudian faktor-faktor Penghambat yakni, masyarakat yang kurang memahami Pandemi Covid-19 sehingga cenderung melanggar aturan. Selain, itu belum adanya vaksinasi yang belum merata di wilayah Kecamatan Sungai Kunjang. Yang disimpulkan melalui sudut pandang Key Informan, Sekretaris Camat Sungai Kunjang dan beberapa informan pendukung.
Kata Kunci: Implementasi, Instruksi, Covid-19

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul IMPLEMENTASI INSTRUKSI WALIKOTA NOMOR 1 TAHUN 2021 TENTANG PMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT (PPKM) UNTUK PENGENDALIAN PENYEBARAN COVID-19 DI KOTA SAMARINDA (STUDI KASUS PADA KECAMATAN SUNGAI KUNJANG)
Pengarang BAYU HIDAYAT - Personal Name
No. Panggil TESIS BAY I 2024
Subyek Implementasi
COVID-19
INSTRUKSI
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan ADMINISTRASI PUBLIK
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua