Detail Cantuman Kembali
LEO RONALDO - Personal Name

KAJIAN LITERATUR : AKTIVITAS ANTI-INFLAMASI,ANTIBAKTERI, DAN ANTIOKSIDAN DARI TANAMAN GENUS PIPER SPESIES SIRIH MERAH (Piper crocatum) DAN SIRIH HIJAU (Piper betle L)

Di Indonesia banyak sekali tumbuhan sirih yang dapat kita temukan, pembudidayaan tanaman sirih tidak terlalu rumit, akan tetapi penggunaan daun sirih belum terlalu dimaksimalkan. Tanaman sirih mengandung metabolit sekunder seperti alkaloid, flavonoid, tanin, saponin, dan minyak atsiri. Metabolit tersebut diduga memiliki aktivitas sebagai anti-inflamasi, antibakteri, dan antioksidan. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode kajian literatur dengan mengumpulkan aktivitas anti-inflamasi, antibakteri dan antioksidan dari tanaman sirih merah dan sirih hijau. Hasil yang diperoleh sirih merah dan sirih hijau memiliki aktivitas anti-inflamasi, antibakteri dan antioksidan. Tanaman spesies sirih hijau menunjukkan aktivitas yang terbaik dari tanaman sirih merah dengan hasil pengujian aktivitas anti-inflamasi sebesar 64,53%, aktivitas antibakteri gram positif sebesar 15,03 mm dan aktivitas antibakteri gram negative sebesar 20,02 mm dan aktivitas antioksidan sebesar 2,03 ppm. Metode ekstraksi dan jenis pelarut terbaik yang digunakan dalam pengujian aktivitas anti-inflamasi, antibakteri dan antioksidan yaitu metode ekstraksi maserasi dan jenis pelarut polar seperti etanol.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KAJIAN LITERATUR : AKTIVITAS ANTI-INFLAMASI,ANTIBAKTERI, DAN ANTIOKSIDAN DARI TANAMAN GENUS PIPER SPESIES SIRIH MERAH (Piper crocatum) DAN SIRIH HIJAU (Piper betle L)
Pengarang LEO RONALDO - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI LEO k 2024
Subyek Metabolit Sekunder, Sirih, Anti-inflamasi, Antibak
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Farmasi
Jurusan S1 FARMASI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua