TREN PENELITIAN TENTANG ETNOMATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH
Penelitian ini bertujan untuk mengetahui bagaimana Tren Penelitian Tentang Etnomatematika yang dilakukan di Sekolah Menengah.Penelitan dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dimana metode yang digunakan adalah “kajian pustaka” atau “literature study”. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah berupa data-data kepustakaan yang telah dipilih, dicari dan dianalisis. Proses pengumpulan data pada penelitian ini diawali dengan pencarian jurnal ilmiah pada database online, dalam proses pencarian jurnal ilmiah peneliti memiliki beberapa kriteria pencarian sebagai berikut: a. Jurnal nasional dengan kata kunci “etnomatematika”, “SMP” dan “SMA” . b. Diterbitkan dari tahun 2018 sampai 2023. Data yang digunakan oleh peneliti dari hasil karya tulis berupa jurnal, maka dalam pengumpulan data ini peneliti menelusuri, kemudian membaca dan mencatat hasil-hasil yang diperlukan untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan pengaruh etnomatematika dalam pembelajaran matematika yang diperoleh dari hasil-hasil penelitian yang sudah dilakukan dan diterbitkan dalam jurnal online. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Tren penelitian tentang etnomatematika di Sekolah Menengah dari tahun 2018 – 2023 adalah tentang pengembangan Media pembelajaran dimana presentasi penelitiannya sebanyak 52,5%.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | TREN PENELITIAN TENTANG ETNOMATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH |
---|---|
Pengarang | ANTONIA NONI MIDANG - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ANT t 2024 |
Subyek | SMA Etnomatematika SMP Sekolah Menengah |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Matematika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY