ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN PARIWISATA KAL-TIM PADA MEDIA ONLINE DETIK.COM DAN TRIBUNKALTIM.CO
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Framing pemberitaan pariwisata Kal-Tim pada media online Detik.Com dan Tribunkaltim.Co. Metode penelitian ini ialah kualitatif., Penelitian ini menggunakan analisis framing model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Sumber data yang digunakan adalah sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui dokumentasi dan observasi (pengamatan). Hasil penelitian ini ialah bahwa framing pemberitaan pariwisata di Kalimantan Timur oleh media online Detik.com dan TribunKaltim.co, menunjukkan bahwa keduanya secara konsisten mengadopsi framing pembangunan berkelanjutan dan peningkatan ekonomi masyarakat lokal. Detik.com, melalui berita-beritanya yang mencakup judul seperti "Jangan Harap Ada Wisata Seperti Disneyland di IKN" dan "Konsep Wisata di Ibu Kota Nusantara Nantinya 'Hijau-hijau,'" menekankan aspek pelestarian lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan. Sejalan dengan itu, TribunKaltim.co juga memperkuat framing pembangunan berkelanjutan dengan fokus pada ekowisata dan pelestarian lingkungan. Kedua media ini secara aktif memberikan dukungan untuk pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Indonesia Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, menciptakan naratif positif mengenai potensi ekonomi dan pelestarian lingkungan yang dapat dihasilkan melalui pengembangan sektor pariwisata
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN PARIWISATA KAL-TIM PADA MEDIA ONLINE DETIK.COM DAN TRIBUNKALTIM.CO |
---|---|
Pengarang | Jihan Nurhaliza - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI JIH a 2024 |
Subyek | Analisis Framing, Pariwisata, Media Online |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Ilmu Komunikasi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY