Detail Cantuman Kembali
Armando Bima Sakti - Personal Name

ANALISIS PERAN OSIS SEBAGAI PEMBENTUK KARAKTER KEPEMIMPINAN SISWA DI SMA NEGERI 2 TENGGARONG SEBERANG

Armando Bima Sakti, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Analisis Peran OSIS Sebagai Pembentuk Karakter Kepemimpinan Siswa Di SMA Negeri 2 Tenggarong Seberang. Di bawah bimbingan Ibu Dra. Hj. Wingkolatin.,M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Dr. Hj. Marwiah, M.Pd selaku pembimbing II.

Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan Analisis Peran OSIS Sebagai Pembentuk Karakter Kepemimpinan Siswa Di SMA Negeri 2 Tenggarong Seberang, kemudian mengidentifikasi hambatan yang dihadapi oleh sekolah dalam pembentukan karakter kepemimpinan. Serta mendeskripsikan upaya yang perlu dilakukan sekolah dalam mengatasi hambatan-hambatan dalam pembentukan karakter siswa khususnya melalui OSIS.

Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Tenggarong Seberang pada bulan April 2023. Subjek penelitian ialah 1 orang kepala sekolah, 1 orang guru sebagai wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, dan 6 orang siswa/i. Dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, peran OSIS dalam membentuk karakter kepemimpinan sangat penting di SMAN 2 Tenggarong Seberang. Hal tersebut dikarenakan program dan kegiatan kepemimpinan berjalan dengan aktif. Terlebih melalui OSIS siswa dirasa bisa melatih dengan pikiran yang terbuka, misalnya menghargai anggota lain yang tidak sependapat, sehingga bisa menanamkan nilai musyawarah dalam pengambilan keputusan suatu organisasi. Selain itu, didapati kelemahan juga terkait hal ini. Dalam organisasi banyak sekali pemikiran, sehingga ini bisa menjadi tantangan hingga hambatan antar anggota bahkan guru

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS PERAN OSIS SEBAGAI PEMBENTUK KARAKTER KEPEMIMPINAN SISWA DI SMA NEGERI 2 TENGGARONG SEBERANG
Pengarang Armando Bima Sakti - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ARM a 2024
Subyek Analisis
kepemimpinan
Karakter
OSIS
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua