Detail Cantuman Kembali

HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN LOYALITAS PASIEN DI PUSKESMAS TEMINDUNG KOTA SAMARINDA

Salsabila Dwi Aulia Rismayuti. 2024. "Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Loyalitas Pasien di Puskesmas Temindung Kota Samarinda" (Pembimbing Dr. Ratno Adrianto, SKM., M.Kes dan Chaerunnisa AR, SKM., M.Kes). Seiring dengan pertumbuhan penduduk dan meningkatnya kesadaran kesehatan pada masyarakat mengakibatkan bertumbuhnya jasa pelayanan kesehatan. Hal ini memberikan dampak pada penyedia pelayanan kesehatan karena mengakibatkan persaingan dalam mendapatkan pelanggan. Olehkarena itu, analisis bauran pemasaran dibutuhkan oleh penyedia jasa pelayanan kesehatan untuk menyusun strategi agar dapat menarik minat konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran dengan loyalitas pasien di Puskesmas Temindung Kota Samarinda. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian survei analitik dengan pendekatan potong silang (cross sectional). Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2024 hingga Maret 2024. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien yang melakukan minimal kunjungan 2 kali di Puskesmas Temindung. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling dan berjumlah sebanyak 105 pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan pada produk (pvalue=0.000), tempat (p-value=0.000), orang (p-value=0.000), dan proses (pvalue=0.000) dengan loyalitas pasien. Sedangkan, tidak terdapat hubungan bauran pemasaran harga (p value=0.750), promosi (p-value=0.297), dan bukti fisik (p-value=0.822) dengan loyalitas pasien. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan hubungan bauran pemasaran pada bauran produk, tempat, orang, dan proses dengan loyalitas pasien di Puskesmas Temindung dan tidak terdapat hubungan bauran pemasaran pada bauran harga, promosi, dan bukti fisik dengan loyalitas pasien di Puskesmas Temindung. Disarankan bagi manajemen Puskesmas Temindung untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas yang tersedia agar dapat meningkatkan loyalitas pasien.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN LOYALITAS PASIEN DI PUSKESMAS TEMINDUNG KOTA SAMARINDA
Pengarang Salsabila Dwi Aulia Rismayuti - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SAL h 2024
Subyek Bauran pemasaran
Loyalitas Pasien.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Kesehatan Masyarakat
Jurusan Kesehatan Masyarakat
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua