Detail Cantuman Kembali

TINJAUAN KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI PASCA RELOKASI PEMUKIMAN DI PERUMAHAN TANJUNG KELURAHAN PANJI TENGGARONG KUTAI KARTANEGARA

Pemukiman kumuh merupakan salah stau permasalahan yang pada umumnya terjadi di perkotaan. Terkhusus kota Tenggarong yang dulunya pemukiman kumuh terletak di Kelurahan Panji yaitu Kawasan Tanjung. Sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut maka pemerintah kota Tenggarong merelokasi pemukiman kumuh yang berada di Kawasan Tanjung ke perumahan Tanjung yang berada di Kelurahan Mangkurawang.
Program relokasi pemukiman diharapkan dapat memiliki dampak baik atau perubahan yang lebih baik dari kondisi sebelum di relokasi. Kondisi yang lebih baik tersebut dapat dilihat dari kondisi social ekonomi masyarakat eks Tanjung pasca relokasi. Hal itu bisa di liat dari beberapa aspek seperti mata pencaharian, standar hunian dan infrastruktur.
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan peninjauan terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat yang terkena relokasi. Dengan melihat perubahan pola hidup dan kelayakan dari rumah di kelurahan Mangkurawang.
Penelitian ini dilaksanakan dengan metode deskriptif dengan instrumen wawancara. Data dari penelitian ini ialah data primer yang berasal dari tinjauan lapangan secara langsung. Sampel yang digunakan ialah warga yang terkena relokasi dan bermukim di perumahan Tanjung Kelurahan Mangkurawang.
Hasil penelitian menunjukkan relokasi yang dilakukan di Perumahan tanjung sudah berhasil dalam memenuhi kebutuhan sosial ekonomi. Seperti mata pencaharian, perubahan fisik pemukiman hingga fasilitas layanan publik yang memadai. Dalam hal ini masyarakat sangat menilai puas terhadap program yang dilakukan pemerintah tentang relokasi.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul TINJAUAN KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI PASCA RELOKASI PEMUKIMAN DI PERUMAHAN TANJUNG KELURAHAN PANJI TENGGARONG KUTAI KARTANEGARA
Pengarang MUHAMMAD oKTAVIANZHA ATMADJA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUH p 2024
Subyek Sosial Ekonomi
Pemukiman
Program Relokasi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan PEMBANGUNAN SOSIAL
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua