Detail Cantuman Kembali
RENI UCIH HANDAYANI - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PEMENFAATAN SUMBER DAYA TEMA 3 SUBTEMA 1 DENGAN MODEL MAKE A MACTH PADA SISWA KELAS IV SDN 034 TENGGARONG

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa Kelas IV SDN 034 Tenggarong tahun pembelajaran 2019/2020 khususnya pada muatan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimana meningkatkan hasil belajar IPS tentang pemanfaatan sumber daya alam pada tema Peduli terhadap makhluk hidup model pembelajaran Make a Match di Sekolah Dasar Negeri 034 Tenggarong Tahun Pembelajaran 2019/2020?"
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi pemanfaatan sumber daya alam, jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri 034 Tenggarong kelas IV yang berjumlah 23 siswa dan objek penelitian ini adalah hasil belajar IPS tentang pemanfaatan sumber daya alam tema 3 subtema 1 melalui model Make a Match. Teknik analisis data menggunakan rata-rata, persentase, dan grafik. Analisis data dapat dilihat dengan ketuntasan belajar yaitu > 70 sebagaimana Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Nilai rata-rata data awal 55,21 dan siswa yang tuntas 5 orang, hasil belajar pada siklus I terhadap 10 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 62,40 dan pada siklus II siswa yang tuntas berjumlah 20 orang dengan nilai rata-rata 77,17. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hasil belajar IPS tentang pemanfaatan sumber daya alam melalui Model Make a Match pada siswa kelas IV SD Negeri 034 Tenggarong Tahun Pembelajaran 2019/2020 meningkat. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil belajar pra siklus dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa 22%, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa 43,3%, dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa 86,9%, besar peningkatan dari nilai dasar siklus I ke siklus II sebesar 43,6%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PEMENFAATAN SUMBER DAYA TEMA 3 SUBTEMA 1 DENGAN MODEL MAKE A MACTH PADA SISWA KELAS IV SDN 034 TENGGARONG
Pengarang RENI UCIH HANDAYANI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI REN p 2021
Subyek Hasil Belajar IPS
Pemanfaatan sumber daya alam
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua