Detail Cantuman Kembali
YOLLA NUR HIDAYYAH - Personal Name

KEEFEKTIFAN PENUNTUN PRAKTIKUM PENENTUAN TRAYEK pH INDIKATOR ALAMI BERBASIS INKUIRI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK

Keefektifan Penuntun Praktikum Penentuan Trayek pH Indikator Alami Berbasis Inkuiri Terbimbing Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Penelitian ini dibimbing oleh Sukemi, S.Pd, M.Sc. selaku pembimbing I dan Dr. Sri Lestari, M.Si. selaku pembimbing II. Keterampilan proses sains peserta didik dapat dilatih dengan penerapan model pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran. Model tersebut hendaknya memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berlatih dan berpartisipasi dalam kegiatan ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penuntun praktikum penentuan trayek pH indikator alami berbasis inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik untuk melatih keterampilan proses sains peserta didik. Metode penelitian ini adalah pre-experimental design dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilaksanakan di MA Negeri 1 Samarinda dengan subjek penelitian adalah 70 peserta didik yang berasal dari kelas XII IPA 1 dan XII IPA 2. Sampel penelitian dipilih menggunakan Teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan tes berupa pre-test dan post test dan digunakan pula angket untuk mengetahui respon peserta didik serta lembar observasi untuk melihat aktivitas guru dan peserta didik. Analisis data menggunakan uji N-Gain dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai N-Gain sebesar 0,64 dan effect size sebesar 1,94. Hasil ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan proses sains peserta didik pada kategori sedang dengan tingkat keefektifan yang sangat kuat. Respon peserta didik terhadap pembelajaran sangat baik dan aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran tergolong sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penuntun praktikum penentuan trayek pH indikator alami berbasis inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KEEFEKTIFAN PENUNTUN PRAKTIKUM PENENTUAN TRAYEK pH INDIKATOR ALAMI BERBASIS INKUIRI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK
Pengarang YOLLA NUR HIDAYYAH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI YOL k 2024
Subyek INKUIRI TERBIMBING
Keterampilan Proses Sains
KEEFEKTIFAN
PENUNTUN PRAKTIKUM
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN KIMIA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua