Detail Cantuman Kembali
HIDAYAH - Personal Name

STUDY TENTANG KONSEP DIRI SISWA SETELAH MENDAPAT LAYANANKONSELING INDIVIDU KELAS VIII SMP NEGERI 4 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

ABSTRAK

HIDAYAH, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2011. Study tentang konsep diri siswa setelah mendapat layanan konseling individu Kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda Tahun Pembelajaran 2014/2015. Dibawah bimbingan Drs. M. Rifai Ilyas, M. Kes selaku dosen pembimbing I dan Dra. Sudilah MW, M.Pd selaku dosen pembimbing II.
Kata Kunci : Konsep diri, layanan konseling individu
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana konsep diri siswa setelah mendapat layanan konseling individu kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda Tahun Pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep diri siswa setelah mendapat layanan konseling individu kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang terdiri dari satu variabel yaitu konsep diri siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Samarinda.
Sumber data penelitian adalah 5 orang siswa, 1 orang guru bimbingan konseling dan 1 orang wali kelas sebagai pelengkap kevalidan data. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara sebagai teknik utama. Sebagai pendukung menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah melalui proses menganalisis dari transkripsi / hasil pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi/ kesimpulan.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa siswa SMP Negeri 4 Samarinda memiliki konsep diri yang baik setelah mendapat layanan konseling individu. Pelaksanaan layanan konseling individu memberikan banyak manfaat bagi siswa baik dalam kehidupan pribadi siswa maupun kehidupan sosial siswa khususnya dalam pembentukan konsep diri yang baik.
Kesimpulannya dari penelitian ini adalah konsep diri siswa setelah mendapat layanan konseling individu kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda tahun pembelajaran 2014/2015 menunjukan bahwa siswa memiliki konsep diri yang baik setelah siswa mendapatkan layanan konseling individu, meskipun sebelum mendapat layanan konseling individu siswa masih ada yang belum dapat sepenuhnya mengenal dirinya. Untuk itulah diperlukan kerjasama yang baik dari lingkungan keluarga, masyarakat, dan sekolah khususnya guru bimbingan untuk dapat membantu dalam pembentukan konsep diri yang baik pada siswa siswi SMP Negeri 4 Samarinda. Siswa perlu dan harus memiliki konsep diri yang baik, dengan penerimaan yang baik terhadap diri, memiliki rasa percaya diri yang baik dan komunikasi yang baik ini akan mempermudah siswa dalam hubungan interaksi dan terjalin komunikasi yang baik pula, meskipun di dunia ini tidak ada yang sempurna namun ketika siswa memiliki cara pandang yang positif terhadap dirinya hal ini akan menunjang untuk kehidupan yang lebih baik lagi untuk siswa.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDY TENTANG KONSEP DIRI SISWA SETELAH MENDAPAT LAYANANKONSELING INDIVIDU KELAS VIII SMP NEGERI 4 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Pengarang HIDAYAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua