Detail Cantuman Kembali

JENIS DAN KELIMPAHAN MEGA GASTROPODA PADA EKOSISTEM PADANG LAMUN PERAIRAN PULAU BADAK - BADAK, KOTA BONTANG

Marsellinda Setiance Putri Batuallo, 2024. Jenis dan Kelimpahan Mega Gastropoda pada Ekosistem Padang Lamun Perairan Pulau Badak – Badak, Kota Bontang (Dibimbing oleh Aditya Irawan dan Lily Inderia Sari).
Mega Gastropoda adalah salah satu hewan moluska yang diketahui dapat beradaptasi dengan baik terhadap ekosistem padang lamun. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2023 sampai dengan Febuari 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis Mega Gastropoda dan menentukan Kelimpahan Mega Gastropoda pada ekosistem padang lamun perairan Pulau Badak – Badak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan sampling transek kuadran dan analisis data menggunakan komposisi spesies, kepadatan populasi, indeks keanekaragaman (H’), indeks keseragaman (E), indeks dominansi (C), kerapatan lamun, dan uji korelasi lamun dengan Mega Gastropoda. Pengambilan sampel menggunakan transek kuadran berukuran 50 x 50 cm pada setiap stasiun dengan 3 kali pengulangan. Berdasarkan hasil penelitian di temukan 4 jenis spesies Mega Gastropoda yaitu Laevistrombus turturella, Cypraea tigris,
Pseudovertagus aluco, dan Telescopium telescopium. Lamun yang ditemukan terdapat 2 jenis lamun pada saat penelitian yaitu Enhalus acoroides dan Cymodocea rotunda. Nilai dari komposisi spesies tertinggi pada 3 stasiun adalah spesies Laevistrombus turturella dengan kisaran 37,5% - 50% dan nilai komposisi spesies terendah adalah Pseudovertagus aluco dengan kisaran nilai 12,5 % - 20%. Nilai kepadatan populasi pada 3 stasiun dengan 3 kali pengulangan berkisar 4 –16 indi/m2.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul JENIS DAN KELIMPAHAN MEGA GASTROPODA PADA EKOSISTEM PADANG LAMUN PERAIRAN PULAU BADAK - BADAK, KOTA BONTANG
Pengarang Marsellinda Setiance Putri Batuallo - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MAR j 2024
Subyek padang lamun,
Kota Bontang
Mega Gastropoda,
Pulau Badak – Badak,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
Jurusan Manajemen Sumberdaya Perikanan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua