PENERAPAN METODE K-MEANS CLUSTERING DALAM PENGELOMPOKAN SISWA BERPRESTASI AKADEMIK SMKN 19 SAMARINDA
Clustering merupakan perhitungan statistik guna mengeksplorasi data. Hal ini dapat membantu untuk mengidentifikasi kelompok objek serupa berdasarkan kriteria yang dipilih. Kelompok yang dibuat dapat dicirikan berdasarkan kriteria yang digunakan. Jumlah anggota cluster dapat memperoleh hasil yang berbeda dengan metode hitung jarak berbeda dan juga jumlah cluster. Pada penelitian ini clustering ditujukan untuk mengetahui kelompok siswa berprestasi. Hal tersebut bermanfaat pada sekolah yang bisa menjadikan bahan evaluasi guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Kemiripan dalam satu cluster ditentukan menggunakan metode perhitungan jarak. Untuk melihat performa beberapa metode hitung jarak, pada penelitian ini penulis menggunakan empat metode hitung jarak, yakni Euclidean Distance, Chebyshev Distance, Minkowski Distance, dan Mean Character Difference. Data yang digunakan adalah data siswa Jurusan Agrobisnis Tahun Ajaran 2020/2021 SMK Negeri 19 Samarinda. Percobaan perhitungan dilakukan menggunakan 2 jumlah cluster, yakni 2 cluster dan 3 cluster. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan Silhouette Coeffcient dengan nilai 0.7252, akurasi Sangat Kuat terdapat pada 3 cluster. Cluster satu (C1) Siswa Tidak Berprestasi 5 orang, cluster dua (C2) Siswa Cukup Berprestasi sebanyak 11 orang, cluster tiga (C3) yakni Siswa Berprestasi sebanyak 20 orang.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENERAPAN METODE K-MEANS CLUSTERING DALAM PENGELOMPOKAN SISWA BERPRESTASI AKADEMIK SMKN 19 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | FEBRINA WAHYU IBTYANI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI FEB p 2024 |
Subyek | clustering K-Means Euclidean Distance MINKOWSKI DISTANCE Silhouette Coefficient Siswa Berprestasi Chebyshev Distance Mean Character Difference |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Teknik |
Jurusan | INFORMATIKA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY