Detail Cantuman Kembali
iyosri sushana purba - Personal Name

PERAN TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI PKBM MAHAKAM JAYA

Dalam dunia Pendidikan, motivasi belajar mempunyai peranan penting untuk mencapai keberhasilan belajar. Keberhasilan belajar yang tinggi akan dapat diraih apabila ada keinginan belajar. Keinginan itu akan muncul apabila ada dorongan motivasi baik dalam diri warga belajar atau luar dalam diri warga belajar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Peran tutor dalam meningkatkan motivasi belajar program paket C di PKBM Mahakam Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif didasarkan pada data yang diperoleh melalui: Observasi, Wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tutor telah menjalankan perannya yaitu sebagai pemberi informasi dan inovasi kepada warga belajar. Tutor sebagai organisator, yaitu mengorganisasikan sumber belajar untuk memilih media belajar yang tepat untuk digunakan sebagai bahan pembelajaran. kemudian sebagai pemberi motivasi kepada warga belajar agar memiliki semangat belajar dan dapat Mengembangkan diri secara optimal.
Selanjutnya tutor mengarahkan warga belajar sesuai minat belajarnya dengan mencapai tujuan belajar dan membuat ide-ide bagaimana agar proses pembelajaran di dalam kelas selalu berjalan baik. Tutor juga mengoptimalkan pembelajaran walaupun kadang terdapat beberapa hal yang menjadi kendala saat akan dilaksanakannya proses belajar mengajar. Serta berperan sebagai fasilitator yang menarik perhatian warga belajar dalam proses belajar dengan menyediakan berbagai fasilitas untuk warga belajar.
Kemudian berperan sebagaimediator yaitu mengefektifkan proses kegiatan belajar mengajar dengan pemahaman yang cukup tentang media pendidikan. Terakhir tutor berperan sebagai evaluator yang memberi nilai pada hasil pekerjaan warga belajar. Peran tutor yang sudah dilaksanakan dengan baik di PKBM Mahakam Jaya adalah: motivator, evaluator dan pengarah atau pembimbing.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERAN TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI PKBM MAHAKAM JAYA
Pengarang iyosri sushana purba - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI IYO p 2024
Subyek motivasi belajar
Paket C
Peran Tutor
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan pendidikan masyarakat
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua