Preferensi Konsumen Paketan Sayuran Siap Masak Di Sayuryuk.com Kota Samarinda
Sayuran siap masak memberikan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan gizi keluarga tanpa memerlukan waktu lama dalam proses memasak. Preferensi konsumen menjadi kunci untuk mencapai ketahanan pangan yang berkelanjutan dan membuka peluang bagi industri pangan untuk memenuhi permintaan masyarakat akan sayuran siap masak. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis karakteristik konsumen terhadap pembelian paketan sayuran siap masak di Sayuryuk.com, menganalisis proses keputusan pembelian produk paketan sayuran siap masak di Sayuryuk.com dan menganalisis preferensi konsumen terhadap paketan sayur siap masak di Sayuryuk.com. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga bulan dimulai dari bulan Oktober 2023-Januari 2024 di Jl. Pakis Merah 19 Blok D No. 676, Samarinda Utara. Data yang diperlukan menggunakan data primer dan data sekunder. Pemilihan responden dilakukan menggunakan teknik non probability sampling dan teknik penentuan sampel purposive sampling dengan jumlah sampel yaitu 66 responden. Preferensi konsumen paketan sayuran siap masak di Sayuryuk.com diukur dari dua indikator dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen Sayuryuk.com merupakan perempuan, pendidikan terakhir SMA, usia 21-30, profesi pekerjaan sebagaipelajar atau mahasiswa, sebagian besar berdomisili di Samarinda utara dan memiliki pendapatan/bulan sekitar Rp1.000.000,00-Rp5.000.000,00. Proses keputusan pembelian dipengaruhi oleh kesadaran akan kesehatan, informasi dari teman atau keluarga, dan pengalaman berbelanja sebelumnya, dengan frekuensi pembelian kurang dari 2 kali dalam sebulan memengaruhi keputusan pembelian. Sayuryuk.com berhasil memenuhi kebutuhan konsumen dan memberikan pengalaman berbelanja yang memuaskan. Atribut yang dianggap paling penting adalah kesegaran, sementara atribut kemasan dinilai memiliki kinerja yang sangat baik. Tingkat kepuasan konsumen terhadap paketan sayuran siap masak di Sayuryuk.com sangat puas mencapai 83,78%, menunjukkan bahwa layanan ini memenuhi harapan konsumen dan memberikan pengalaman berbelanja yang positif. Fokus pada peningkatan atribut dapat membantu mempertahankan tingkat kepuasan konsumen yang tinggi dan memperluas pangsa pasar Sayuryuk.com.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Preferensi Konsumen Paketan Sayuran Siap Masak Di Sayuryuk.com Kota Samarinda |
---|---|
Pengarang | Recha Rezky Ramadhani - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI REC p 2024 |
Subyek | Kepuasan Pelanggan Preferensi Konsumen, paketan siap masak |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Pertanian |
Jurusan | Agribisnis |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY