Detail Cantuman Kembali
Hawi Natalino - Personal Name

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN BANTUAN KELUARGA HARAPAN (PKH) MENGGUNAKAN METODE WASPAS (STUDI KASUS : DINAS SOSIAL DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KOTA BONTANG)

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu program sosial yang bertujuan untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga miskin di Indonesia. Penentuan penerima bantuan yang tepat sangat penting untuk memastikan efektivitas dan efisiensi. Oleh karena itu, kami mengembangkan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) menggunakan metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment (WASPAS) untuk menentukan prioritas penerima bantuan PKH di Kota Bontang. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi informasi tentang kondisi sosial ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan faktor-faktor lain yang relevan. Proses pengolahan data meliputi normalisasi, pembobotan kriteria, perhitungan nilai agregat, dan penentuan prioritas penerima bantuan. Metode WASPAS dipilih karena kemampuannya dalam mengatasi ketidakpastian dan kompleksitas dalam pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SPK menggunakan metode WASPAS dapat efektif digunakan dalam menentukan prioritas penerima bantuan PKH. Analisis hasil menunjukkan bahwa prioritas penerima bantuan dapat ditentukan dengan akurat berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa SPK menggunakan metode WASPAS dapat membantu Dinas Sosial Kota Bontang dalam mengoptimalkan alokasi sumber daya dan memastikan bahwa bantuan diberikan kepada mereka yang membutuhkan dengan prioritas yang tepat. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pengambilan keputusan yang lebih efektif dalam penentuan prioritas penerima bantuan program sosial. Namun, penelitian ini juga memiliki keterbatasan, termasuk ketergantungan pada ketersediaan data yang akurat dan keandalan sistem SPK yang digunakan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN BANTUAN KELUARGA HARAPAN (PKH) MENGGUNAKAN METODE WASPAS (STUDI KASUS : DINAS SOSIAL DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KOTA BONTANG)
Pengarang Hawi Natalino - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI HAW s 2024
Subyek Sistem Pendukung Keputusan
WASPAS
Kota Bontang
Keluarga Harapan
, Dinas Sosial
Prioritas Penerima Bantuan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Informatika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua