Detail Cantuman Kembali
MUSYIIR SHARAHA - Personal Name

PENENTUAN STATUS TROFIK PERAIRAN DANAU URBAN TROPIS POLDER AIR HITAM DI KOTA SAMARINDA BERDASARKAN KONSENTRASI KLOROFIL-A DAN UNSUR HARA (NO3 DAN PO4)

Eutrofikasi telah menjadi masalah bagi kualitas air dalam beberapa dekade ini, berbagai kegiatan manusia pada sekitar badan air dapat menjadi penyebab fenomena tersebut. Kualitas perairan danau urban sangat rentan mengalami penurunan kualitas akibat ekploitasi dan pemanfaatan yang berlebih. Fenomena ini juga terjadi pada perairan Polder Air Hitam Kota Samarinda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui indeks status trofik berdasarkan hubungan klorofil-a dengan nitrat dan fosfat. Dalam mengetahui hubungan antara klorofil-a dengan unsur hara digunakan rumus Indeks status trofik Cunha yang telah dimodifikasi dan indeks status trofik Carlson yang telah dimodifikasi. Diperoleh nilai klorofil-a IST Carlson berkisar antara 62.90 – 70.16 dengan total fosfat berkisar antara 66.06 – 80.89, dan nilai klorofil-a IST Cunha yang berkisar antara 59.78 – 62.46 dengan total fosfat berkisar antara 59.67 – 60.27 Perhitungan indeks status trofik Cunha dan Carlson menunjukkan adanya kesamaan tingkat kesuburan pada perairan Danau Polder Air Hitam. Konsentrasi klorofil-a pada perairan Danau Polder Air Hitam menunjukkan bahwa kualitas air pada daerah penelitian termasuk kategori hipereutrofik ditinjau dari tingkat kesuburan perairan. Untuk memperoleh informasi data yang lebih lengkap tentang keadaan danau urban Polder Air Hitam, diperlukannya penelitian lebih lanjut secara berkala dan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENENTUAN STATUS TROFIK PERAIRAN DANAU URBAN TROPIS POLDER AIR HITAM DI KOTA SAMARINDA BERDASARKAN KONSENTRASI KLOROFIL-A DAN UNSUR HARA (NO3 DAN PO4)
Pengarang MUSYIIR SHARAHA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUS p 2024
Subyek Eutrofikasi
Unsur hara
Klorofil-a
Danau urban
Indeks status trofik
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua