Detail Cantuman Kembali
Sayyid Muhammad Taqie - Personal Name

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN HIPERTENSI DI PUSKESMAS SUNGAI SIRING SAMARINDA UTARA

Kepuasan (Satisfaction) yaitu perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan kinerja (hasil) produk yang dipikirkan terhadap kinerja yang diharapkan. Jika kinerja memenuhi harapan maka pelanggan akan puas. Dalam mengukur kualitas pelayanan dapat digunakan tujuh dimensi, diantaranya yaitu dimensi keamanan (safety), efektifitas (effectiveness), ketepatan waktu (timeliness), berpusat kepada pasien (patient-centered), efisiensi (efficiency), keadilan (equitable), integrasi (integration). Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan 7 dimensi yang telah disebutkan dengan kepuasan pasien hipertensi di Puskesmas Sungai Siring Samarinda. Desain penelitian ini adalah crosssectional dengan sampel penelitian ini yaitu 139 pasien hipertensi yang rutin berobat serta mengakses pelayanan (accidental sampling). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Uji statistik menggunakan uji chisquare. Hasil analisis bivariat pada penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan dari dimensi keamanan (safety) (p value = 0,000), efektifitas (effectiveness) (p value = 0,000), ketepatan waktu (timeliness) (p value = 0,000), dimensi berpusat kepada pasien (patient centered) (p value = 0,000), efisiensi (efficiency) (p value = 0,000), keadilan (equitable) (p value = 0,000), integrasi (integration) (p value = 0,000) dengan kepuasan pasien. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara dimensi keamanan, efektifitas, ketepatan waktu, berpusat kepada pasien, efisiensi, keadilan, integrasi dengan kepuasan pasien hipertensi di Puskesmas Sungai Siring Samarinda. Disarankan bagi puskesmas yaitu terus meningkatkan kualitas pelayanan agar pasien selalu merasa puas terhadap pelayanan yang diterimanya.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN HIPERTENSI DI PUSKESMAS SUNGAI SIRING SAMARINDA UTARA
Pengarang Sayyid Muhammad Taqie - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SAY h 2024
Subyek Kualitas Pelayanan
kepuasan pasien
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Kesehatan Masyarakat
Jurusan Kesehatan Masyarakat
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPA. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua