Detail Cantuman Kembali

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STEM-EDP UNTUK MENINGKATKAN WATER SAVING BEHAVIOR CALON GURU FISIKA

Dalam konteks global, masalah kualitas air telah menjadi isu utama lingkungan yang memengaruhi banyak negara, termasuk Indonesia, terutama di wilayah Kalimantan Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan peningkatan water saving behavior (WSB) setelah dilakukan perkuliahan dengan pendekatan model pembelajaran Science – Technology – Engineering – Mathematics (STEM)-Engineering Design Process (EDP) pada calon guru fisika. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pre-experimental menggunakan desain one group pretest-postest dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel sejumlah 31 calon guru fisika. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket yang telah diadaptasi dari penelitian sebelumnya. Perlakuan dilakukan dengan memberikan 4 lembar kerja STEM-EDP dengan keseluruhan 6 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dan peningkatan WSB setelah dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran STEM-EDP pada calon guru fisika dengan kriteria sedang secara keseluruhan. Melalui hasil penelitian, calon guru fisika diharapkan dapat melakukan kegiatan pembelajaran STEM-EDP dalam pembelajaran dikarenakan mampu meningkatkan WSB.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STEM-EDP UNTUK MENINGKATKAN WATER SAVING BEHAVIOR CALON GURU FISIKA
Pengarang MUHAMMAD IKHSAN BACHRUL ALAM - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUH p 2024
Subyek calon guru fisika
STEM-EDP
WATER SAVING BEHAVIOR
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN MIPA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua