Detail Cantuman Kembali
Nur Fadila Eka Putri - Personal Name

Analisis Kualitas Komunikasi Interpersonal Customer Service Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Bank PT. BPD Kaltim Kaltara Kantor Cabang Utama Samarinda

Ranah perbankan di Indonesia mengalami perkembangan yang pesat, di mana rivalitas antar perbankan semakin sengit. Peningkatan jumlah perusahaan yang beroperasi dalam industri yang sama memberikan banyak pilihan kepada nasabah, sehingga penting bagi perusahaan perbankan untuk memberikan layanan terbaik guna meningkatkan loyalitas nasabahnya. Salah satu upaya yang dilakukan customer service Bank PT BPD Kaltim Kaltara Kantor Cabang Utama Samarinda adalah dengan memberikan pelayanan yang ramah dan sopan kepada nasabah melalui kemampuan komunikasi interpersonal. Adapun tujuan dalam penelitian ini ialah untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana kualitas komunikasi interpersonal yang diterapkan oleh customer service dalam meningkatkan loyalitas nasabah serta mengkajinya dengan Teori Pertukaran Sosial dan Lima Konsep Komunikasi Interpersonal yakni Konsep Keterbukaan, Empati, Dukungan, Sikap Positif, dan Ekualitas. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan metode penelitian lapangan (field research), yang pengumpulan data dan hasil nya diperoleh melalui wawancara dan observasi langsung terhadap customer service dan para nasabah di bank tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kualitas komunikasi interpersonal customer service sudah cukup baik, meskipun terdapat hambatan seperti kasus miscommunication antara customer service dengan nasabah. Penerapan lima konsep komunikasi interpersonal oleh customer service ini menciptakan imbalan berupa loyalitas nasabah dan citra positif bagi Bankaltimtara.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Kualitas Komunikasi Interpersonal Customer Service Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Bank PT. BPD Kaltim Kaltara Kantor Cabang Utama Samarinda
Pengarang Nur Fadila Eka Putri - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NUR a 2024
Subyek Loyalitas Nasabah
komunikasi interpersonal
Customer Service
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan ILMU KOMUNIKASI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua