Analisis Kualitas Komunikasi Interpersonal Customer Service Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Bank PT. BPD Kaltim Kaltara Kantor Cabang Utama Samarinda
Ranah perbankan di Indonesia mengalami perkembangan yang pesat, di mana rivalitas antar perbankan semakin sengit. Peningkatan jumlah perusahaan yang beroperasi dalam industri yang sama memberikan banyak pilihan kepada nasabah, sehingga penting bagi perusahaan perbankan untuk memberikan layanan terbaik guna meningkatkan loyalitas nasabahnya. Salah satu upaya yang dilakukan customer service Bank PT BPD Kaltim Kaltara Kantor Cabang Utama Samarinda adalah dengan memberikan pelayanan yang ramah dan sopan kepada nasabah melalui kemampuan komunikasi interpersonal. Adapun tujuan dalam penelitian ini ialah untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana kualitas komunikasi interpersonal yang diterapkan oleh customer service dalam meningkatkan loyalitas nasabah serta mengkajinya dengan Teori Pertukaran Sosial dan Lima Konsep Komunikasi Interpersonal yakni Konsep Keterbukaan, Empati, Dukungan, Sikap Positif, dan Ekualitas. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan metode penelitian lapangan (field research), yang pengumpulan data dan hasil nya diperoleh melalui wawancara dan observasi langsung terhadap customer service dan para nasabah di bank tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kualitas komunikasi interpersonal customer service sudah cukup baik, meskipun terdapat hambatan seperti kasus miscommunication antara customer service dengan nasabah. Penerapan lima konsep komunikasi interpersonal oleh customer service ini menciptakan imbalan berupa loyalitas nasabah dan citra positif bagi Bankaltimtara.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Analisis Kualitas Komunikasi Interpersonal Customer Service Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Bank PT. BPD Kaltim Kaltara Kantor Cabang Utama Samarinda |
---|---|
Pengarang | Nur Fadila Eka Putri - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NUR a 2024 |
Subyek | Loyalitas Nasabah komunikasi interpersonal Customer Service |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | ILMU KOMUNIKASI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY