Detail Cantuman Kembali
Amanda Zalsabila - Personal Name

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM KARTU IDENTITAS ANAK (KIA) PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (STUDI DI KECAMATAN MARANGKAYU)

Amanda Zalsabila, Program Studi Administrasi Publik, FakultasIlmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman. “Persepsi Masyarakat terhadap Program Kartu Identitas Anak (KIA) pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kutai Kartanegara (Studi di Kecamatan Marangkayu)”, di bawah bimbingan Ibu Dr. Fajar Apriani, M.Si, selaku dosen pembimbing. Penelitian ini mendeskripsikan tentang persepsi masyarakat Kecamatan Marangkayu terhadap Program Kartu Identitas Anak (KIA) meliputi perhatian masyarakat terhadap Program KIA, pemahaman masyarakat terhadap Program KIA, dan penilaian masyarakat terhadap Program KIA, serta faktor pendukung dan faktor penghambat Program KIA. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan key informan adalah Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kutai Kartanegara, dan informan adalah Narahubung Desa Pelayanan Adminduk, serta masyarakat. Penentuan informan menggunakan teknik Purposive Sumpling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi-terstruktur, observasi langsung, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis model interaktif. Dari hasil penelitian yang diperoleh bahwa persepsi masyarakat terhadap Program Kartu Identitas Anak (KIA) belum cukup optimal. Mengenai perhatian masyarakat dari segi pengetahuan adanya Program KIA sudah dapat dikatakan baik namun partisipasi masyarakat terhadap Program KIA masih belum optimal sehingga masyarakat telah memberikan perhatian yang cukup baik. Pemahaman masyarakat terhadap Program Kartu Identitas Anak (KIA) terdapat hal yang telah dipahami yaitu kepengurusan pembuatan KIA, manfaat KIA dan mengenai sumber informasi yang diperoleh masyarakat telah memberikan pemahaman kepada masyarakat, serta terkait tujuan KIA terdapat masyarakat yang telah memahami namun terdapat pula yang belum memahami. Pada penilaian masyarakat mengenai kebermanfaatan Program KIA masyarakat menilai KIA bermanfaat bagi masyarakat terkhususnya anak-anak, kemudahan kepengurusan pembuatan KIA memudahkan bagi masyarakat, pengadaan KIA dapat dikatakan hal yang baik bagi anak-anak, dan harapan masyarakat mengenai Program Kartu Identitas Anak (KIA) dapat memberikan kemudahan dalam hal pelayanan publik bagi anak-anak.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM KARTU IDENTITAS ANAK (KIA) PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (STUDI DI KECAMATAN MARANGKAYU)
Pengarang Amanda Zalsabila - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AMA p 2024
Subyek Persepsi masyarakat
Program Kartu Identitas Anak (KIA)
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Administrasi Publik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua