HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PESERTA BPJS MANDIRI DI PUSKESMAS GRAHA INDAH KOTA BALIKPAPAN TAHUN 2024
Pelayanan medis adalah tindakan untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah serta mengobati penyakit. Puskesmas merupakan organisasi pelayanan kesehatan yang mengutamakan upaya promotif dan preventif serta menerapkan pendekatan tingkat pertama terhadap kesehatan masyarakat dan kesehatan perseorangan guna mencapai derajat kesehatan masyarakat yang tinggi di wilayah kerjanya.Berdasarkan jumlah kunjungan di Puskesmas Graha Indah Kota Balikpapan, terjadi peningkatan kunjungan dalam 3 tahun terakhir yaitu pada tahun 2023 sebanyak 9164 kunjungan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan daya tanggap, kompetensi, akses dan bukti fisik dengan kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS Mandiri di Puskesmas Graha Indah Kota Balikpapan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara variabel daya tanggap (p = 0,003), kompetensi (p = 0,001) dan bukti fisik (p = 0,170) terhadap kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS Mandiri di Puskesmas Graha Indah Kota Balikpapan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara variabel akses (p = 0,105) dengan kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS Mandiri di Puskesmas Graha Indah Kota Balikpapan Tahun 2024.
Saran pada Puskesmas Graha Indah Kota Balikpapan agar dapat meningkatkan upaya pelayanan kesehatan dalam meningkatkan kepuasan pasien, terutama dalam kecepatan petugas saat melayani pasien. Semakin tinggi kepuasan pasien maka semakin tinggi juga mutu pelayanan yang dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pasien.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PESERTA BPJS MANDIRI DI PUSKESMAS GRAHA INDAH KOTA BALIKPAPAN TAHUN 2024 |
---|---|
Pengarang | Shinta Maulidya Baharuddin - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SHI h 2024 |
Subyek | BPJS Mandiri, Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Kesehatan Masyarakat |
Jurusan | Kesehatan Masyarakat |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY