Detail Cantuman Kembali
APRILIA SARAH ANGGRAENI - Personal Name

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI MATRIKS DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 7 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2022/2023

Anggraeni, Aprilia Sarah, 2024. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Matriks di Kelas XI MIPA SMA Negeri 7 Samarinda Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas, Mulawarman. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Azainil, M.Si dan (II) Dra. Hj. Suriaty, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi matriks di kelas XI MIPA SMA Negeri 7 Samarinda Tahun Ajaran 2022/2023.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 7 Samarinda Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 31 orang. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam mengerjakan soal matematika materi matriks. Pengumpulan data yang diperoleh pada penelitian ini berupa hasil tes yang diujikan kepada siswa, hasil wawancara kepada siswa untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan mengenai kesalahan yang dilakukan oleh siswa, dan dokumentasi berupa hasil tes pekerjaan siswa, foto kegiatan pembelajaran dan transkrip. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Setelah itu dilakukan pemeriksaan keabsahan data atau triangulasi yaitu dengan membandingkan data hasil tes dengan wawancara, agar hasil penelitian yang diperoleh menuju kepada hasil yang valid.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika pada materi matriks. Jenis kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa XI MIPA 2 SMA Negeri 7 Samarinda dalam menyelesaikan soal matematika yaitu (1) kesalahan konsep yaitu sebesar 81,33%, (2) kesalahan hitung yaitu sebesar 6,67%, (3) kesalahan penulisan tanda yaitu sebesar 12%. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa meliputi kesalahan memahami konsep pada matriks yaitu perkalian dua matriks dan invers matriks, tidak mengerjakan soal atau tidak menyelesaikan soal sampai akhir, kesalahan melakukan operasi matematika, dan kesalahan penulisan tanda meliputi tidak lengkapnya penulisan tiap langkah jawaban, tidak menuliskan tanda negatif yang seharusnya diletakkan di bagian depan bilangan tertentu, serta penulisan simbol di tempat yang tidak seharusnya.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI MATRIKS DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 7 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2022/2023
Pengarang APRILIA SARAH ANGGRAENI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI APR a 2024
Subyek Analisis Kesalahan
Matriks
soal uraian
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Matematika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua