Detail Cantuman Kembali
NURHALISA - Personal Name

HUBUNGAN MUTU PELAYANAN RAWAT JALAN DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN DI PUSKESMAS MUARA BADAK KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA TAHUN 2024

Peningkatan derajat hidup masyarakat kesehatan memiliki peranan yang besar, oleh karena itu semua negara berupaya menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang sebaik-baiknya. Pelayanan kesehatan berkualitas yang diberikan kepada pasien menjadi tolak ukur keberhasilan berbagai pelayanan kesehatan. Pemanfaatan pelayanan kesehatan di Indonesia dapat dikatakan baik, namun masih terdapat beberapa daerah yang mengalami permasalahan dalam pemanfaatan pelayanan kesehatan. Angka kunjungan ke Puskesmas dipengaruhi dari faktor masyarakat sebagai pengguna ataupun dari Puskesmas sebagai penyedia pelayanan kesehatan. Berdasarkan jumlah kunjungan di Puskesmas Muara Badak terjadi peningkatan kunjungan dalam waktu 3 tahun terakhir, pada tahun 2023 sebanyak 15.505 pasien, oleh karena itu semakin tinggi kepuasan pasien maka semakin tinggi juga loyalitas pasien yang dapat
mempengaruhi minat kunjungan ulang pasien.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efesiensi, akses terhadap pelayanan, keamanan, dan kenyaman dengan minat kunjungan ulang pasien di Puskesmas Muara Badak Kabupaten Kutai KartanegaraTahun 2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional. Jumlah sampel pada penelitian sebanyak 138 sampel dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji
chi-square.
Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan antara variabel efesiensi (p=0,000), akses terhadap pelayanan (p=0,000), keamanan (p=0,000), dan kenyamanan (0,014) dengan minat kunjungan ulang pasien rawat jalan di Puskesmas Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2024.
Saran pada Puskesmas Muara Badak agar dapat meningkatkan upaya pelayanan kesehatan dalam memenuhi kepuasan pasien, terutama dalam kecepatan petugas dalam melayani, penambahan fasilitas di ruang tunggu pasien demi kenyamanan dan keamanan pasien.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul HUBUNGAN MUTU PELAYANAN RAWAT JALAN DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN DI PUSKESMAS MUARA BADAK KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA TAHUN 2024
Pengarang NURHALISA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NUR p 2024
Subyek Rawat Jalan, Mutu Pelayanan, Minat Kunjungan Ulang
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Kesehatan Masyarakat
Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua