Pengaruh Perilaku Assertif Kepala Sekolah dan Self Esteem Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Samarinda Utara
Sisilia Dirgayana. 2023. Pengaruh Perilaku Assertif Kepala Sekolah dan Self Esteem Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Samarinda Utara. Program studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Mulawarman. Dosen Pembimbing 1. Prof.Dr.Nurlaili, M.P. 2. Prof. Dr. Warman M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara : 1) perilaku asertif kepala sekolah (X1) terhadap kinerja guru (Y), self esteem guru (X2) terhadap kinerja guru (Y) serta pengaruh perilaku asertif kepala sekolah (X1) dan self esteem guru (X2) secara bersama–sama terhadap kinerja guru (Y). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Swasta Kecamatan Samarinda Utara. Populasi penelitian adalah seluruh guru di Sekolah Dasar Swasta Kecamatan Samarinda Utara sebanyak 103 guru. Sampel penelitian menggunakan sampling jenuh dimana seluruh anggota populasi akan dijadikan sampel dalam penelitian atau dapat disebut juga dengan sensus dalam lingkup kecil sebanyak 103 guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Pengujian instrument penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabililtas. Uji persyaratan untuk analisis data menggunakan uji normalitas, multikolonieritas, uji linieritas, uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Perilaku Asertif Kepala Sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Semakin meningkat perilaku asertif kepala sekolah maka akan semakin meningkat Kinerja Guru. Perilaku Asertif Kepala Sekolah memberikan kontribusi sebesar 33% terhadap Kinerja Guru. 2) Self Esteem Guru berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Guru. Semakin meningkat self esteem guru maka akan semakin meningkat kinerja guru. Self Esteem Guru memberikan kontribusi sebesar 31% terhadap Kinerja Guru. 3) Perilaku Asertif Kepala Sekolah dan Self Esteem Guru berpengaruh signfikan terhadap Kinerja Guru. Semakin meningkat Perilaku Asertif Kepala Sekolah dan Self Esteem Guru maka semakin meningkat Kinerja Guru. Perilaku Asertif Kepala Sekolah dan Self Esteem Guru memberikan kontribusi sebesar 39% terhadap Kinerja Guru. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara perilaku asertif kepala sekolah terhadap kinerja guru, pengaruh self esteem guru terhadap kinerja guru dan pengaruh perilaku asertif kepala sekolah dan self esteem guru secara bersamasama terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Kata kunci : Perilaku Asertif Kepala Sekolah, Self esteem Guru, Kinerja Guru
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Perilaku Assertif Kepala Sekolah dan Self Esteem Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Samarinda Utara |
---|---|
Pengarang | SISILIA DIRGAYANA - Personal Name |
No. Panggil | THESIS SIS p 2023 |
Subyek | perilaku asertif kepala sekolah self esteem guru kinerja guru sd |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY