GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH BERSUKU DAYAK TUNJUNG SEBAGAI PENDIDIK DI SMA KUTAI BARAT
Elizabeth Angela Orin 2024, Gaya kepemimpinan transformasional Kepala Sekolah Dayak Tunjung sebagai pendidik di SMA Kutai Barat. Tesis, JurusanMagisterManajemenPendidikan,FakultasKeguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Pembimbing I: Prof. Dr. Zaenab Hanim, M.Pd. dan Pembimbing II: Prof. Dr.Hj. Widyatmike Gede Mulawarman, M. Hum. Penelitian ini mengkaji praktik kepemimpinan transformasional Kepala Sekolah dari suku Dayak Tunjung di SMA Surya Mandala Kutai Barat. Penelitian ini menggunakan metode etnografi kualitatif untuk mendalami tiga aspek utama: (1) Gaya kepemimpinan transformasional yang digunakan Kepala Sekolah bersuku Dayak Tunjung sebagai pendidik di SMA Kutai Barat, (2) Faktor pendukung dan penghambat gaya kepemimpinan transformasional yang digunakan Kepala Sekolah bersuku Dayak Tunjung sebagai pendidik di SMA Kutai Barat,(3) Cara mengatasi faktor penghambat gaya kepemimpinan transformasional yang digunakan Kepala Sekolah bersuku Dayak Tunjung sebagai pendidik di SMA Kutai Barat. Data yang dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, dengan keabsahan data diperiksa melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kepala Sekolah menerapkan kepemimpinan transformasional dengan ciri khas karismatik, partisipatif, paternalistik, dan demokratis, yang diwarnai dengan pendekatan inklusif, emosional, dan kekeluargaan. Pendukung utama dari gaya kepemimpinan ini termasuk hubungan erat dengan anggota sekolah, keterlibatan aktif mereka, dan dukungan moral yang kuat. Namun, tantangan seperti perbedaan karakter individu dan keterbatasan dalam penguasaan teknologi menjadi penghambat.untuk mengatasinya, Kepala Sekolah menggunakan strategi seperti pendekatan personal, bimbingan teknologi, dan penguatan budaya gotong royong. Penelitian ini mengonfirmasi bahwa gaya kepemimpinan transformasional Kepala Sekolah bersuku Dayak Tunjung secara efektif meningkatkan partisipasi dan moral di sekolah, mencerminkan dampak positif yang signifikan pada komunitas sekolah.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH BERSUKU DAYAK TUNJUNG SEBAGAI PENDIDIK DI SMA KUTAI BARAT |
---|---|
Pengarang | ELIZABETH ANGELA ORIN - Personal Name |
No. Panggil | THESIS ELI g 2023 |
Subyek | Demokratis Gotong Royong Karismatik partisipatif paternalistik kepemimpinan personal |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Magister Manajemen Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY