Detail Cantuman Kembali
KHAFIFAH NURIYAH - Personal Name

KESALAHAN SISWA KELAS IX DALAM MENYELESAIKAN MATERI PERSAMAAN KUADRAT DI SMP NEGERI 1 MUARA JAWA TAHUN AJARAN 2022/2023

Nuriyah, Khafifah. 2024. Kesalahan Siswa Kelas IX Dalam Menyelesaikan Materi Persamaan Kuadrat Di SMP Negeri 1 Muara Jawa Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mulawarman. Pembimbing (I) Drs. H. Kukuh, M.Pd dan Pembimbing (II) Dra. Hj. Suriaty, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas IX F SMP Negeri 1 Muara Jawa Tahun Ajaran 2022/2023 dalam menyelesaikan materi persamaan kuadrat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini siswa kelas IX F SMP Negeri 1 Muara Jawa. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara kepada siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan materi persamaan kuadrat. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah itu dilakukan pemeriksaan keabsahan data yaitu triangulasi dengan mewawancarai guru matematika yang mengajar di kelas IX F SMP Negeri 1 Muara Jawa dan membandingkannya dengan kesalahan siswa dalam menyelesaikan materi persamaan kuadrat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan materi persamaan kuadrat, siswa melakukan beberapa kesalahan, antara lain: (1) Kesalahan fakta yaitu kesalahan siswa dalam memahami kesepakatan matematika yang diungkapkan dengan simbol atau permisalan tertentu. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan fakta yaitu siswa kurang memahami soal dengan baik, dan siswa tidak konsentrasi serta terburu-buru dalam mengerjakan soal; (2) Kesalahan prinsip yaitu kesalahan dalam memahami hubungan fakta dengan konsep yang dikaitkan oleh operasi atau relasi yang terkait dengan materi, sehingga siswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan baik. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan prinsip yaitu kurangnya pemahaman siswa terkait materi yang diajarkan; (3) Kesalahan algoritma yaitu ketika siswa salah dalam memilih langkah awal dalam menyelesaikan masalah ataupun siswa sudah benar dalam menentukan hasil akhir namun terdapat kesalahan pada langkah-langkah sebelumnya, serta penulisan langkah-langkah yang tidak berurutan dalam menyelesaikan soal sehingga memperoleh hasil akhir yang salah. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan algoritma yaitu siswa tidak mengetahui permasalahan dalam soal sehingga tidak mengerjakan soal sesuai dengan langkah-langkah yang benar, ketidakmampuan siswa dalam menyelesaikan soal, dan siswa terburu-buru saat mengerjakan karena merasa takut waktu yang diberikan tidak cukup; (4) Kesalahan hitung adalah kesalahan menghitung dalam operasi matematika yang dilakukan siswa. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan hitung yaitu siswa tidak teliti saat menyelesaikan soal dan tidak mengoreksi kembali jawaban yang diperoleh.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KESALAHAN SISWA KELAS IX DALAM MENYELESAIKAN MATERI PERSAMAAN KUADRAT DI SMP NEGERI 1 MUARA JAWA TAHUN AJARAN 2022/2023
Pengarang KHAFIFAH NURIYAH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI KHA k 2024
Subyek jenis kesalahan, faktor penyebab, persamaan kuadra
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Matematika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua