Hubungan Pengalaman Pasien dengan Loyalitas Pasien di Rumah Sakit Siaga Al Munawwarah Kota Samarinda Tahun 2024
Pengalaman pasien merupakan modal dasar untuk membentuk loyalitas yang dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk menaikan keunggulan suatu rumah sakit. Salah satu cara yang efektif dalam memberikan kepuasan pasien dengan melakukan pelayanan yang baik melalui jasa/pelayanan yang diberikan. Loyalitas merupakan bukti pasien akan menjadi pelanggan yang memiliki persepsi dan sikap positif pada sebuah Rumah Sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengalaman pasien dengan loyalitas pasien di Rumah Sakit Siaga Al Munawwarah. Sampel penelitian ini berjumlah 101 pasien dan diuji menggunakan korelasi rank spearman. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara waktu tunggu (p = 0,036), petugas kesehatan (p = 0,028), lingkungan rumah sakit (p = 0,006) dengan loyalitas pasien, sementara pelayanan kesehatan (p = 0,84) menunjukkan tidak berhubungan dengan loyalitas pasien di Rumah Sakit Al Munawwarah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara waktu tunggu, petugas kesehatan dan lingkungan rumah sakit dengan loyalitas pasien, sedangkan pelayanan kesehatan tidak terdapat hubungan dengan loyalitas pasien di Rumah Sakit Al Munawwarah. Perlu adanya peningkatan sistem pendaftaran online yang dapat meningkatkan efisiensi dalam proses pendaftaran, dan mengurangi waktu tunggu bagi pasien.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Hubungan Pengalaman Pasien dengan Loyalitas Pasien di Rumah Sakit Siaga Al Munawwarah Kota Samarinda Tahun 2024 |
---|---|
Pengarang | Aura Balqis Sabila - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI AUR h 2024 |
Subyek | Pelayanan Kesehatan Loyalitas Pasien Waktu tunggu |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Kesehatan Masyarakat |
Jurusan | Kesehatan Masyarakat |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY