PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 11 SAMARINDA
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 11 Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Sudarman, S.Pd, M.Pd sebagai pembimbing I dan Sutrisno, S.Pd, M.Pd sebagai pembimbing II. Pada saat belajar pembelajaran dilaksanakan disekolah SMP Negeri 11 Samarinda cenderung hanya menggunakan model pembelajaran ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem SolvingTerhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 11 Samarinda. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasy eksperiment dengan subjek penelitian siswa kelas VIII A sebanyak 28 siswa sebagai kelas kontrol dan VIII B sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian ini diperoleh dari uji regresi linear sederhana dengan nilai sig 2 tailed < 0,05 dengan perhitungan 0,179 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 11 Samarinda.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 11 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Audrey Ferina Irawati Rahayu - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI AUD p 2024 |
Subyek | problem solving dan hasil belajar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Ekonomi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY