PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 21 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2022/2023
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap perencanaan karir siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one-group pretest-posttest design. Populasi seluruh siswa kelas IX G SMP Negeri 21 Samarinda berjumlah 33 siswa dengan sampel sebanyak 6 siswa yang teridentifikasi memiliki perencanaan karir dengan kategori rendah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu NonProbability Sampling dengan teknik Purposive Sampling. Layanan bimbingan kelompok dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan dengan menggunakan teknik diskusi. Hasil perolehan skor sebelum diberikan treatment menunjukkan nilai ratarata Pre-Test sebesar 91. Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok nilai ratarata mengalami kenaikan menjadi 109. Dengan total kenaikan skor rata-rata yaitu 18,3. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t test dengan hasil analisis menunjukkan bahwa Sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada perencanaan karir siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap perencanaan karir siswa kelas IX di SMP Negeri 21 Samarinda Tahun Ajaran 2022/2023
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 21 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2022/2023 |
---|---|
Pengarang | Azzahra Anisa Putri - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI AZZ p 2024 |
Subyek | bimbingan kelompok Perencanaan Karir teknik diskusi |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | S1-Bimbingan dan Konseling |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY