Detail Cantuman Kembali
Risma Amila Putri - Personal Name

ANALISIS SENTIMEN TERHADAP PENGGUNA KLINIK KECANTIKAN PADA TWITTER MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES

Twitter merupakan salah satu media sosial yang banyak diminati oleh kalangan masyarakat baik muda ataupun tua. Twitter sangat di gandrungi oleh masyarakat dalam mencari berita dan isu yang sedang diperbincangkan. Pengguna twitter di Indonesia mencapai 18,45 juta pada tahun 2022. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat sentimen masyarakat terhadap pemakaian skincare Ms Glow untuk memberikan informasi tingkat kepuasan kepada masyarakat. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode Naïve Bayes. Data yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 1157 data tweet yang didapat melalui Twitter API. Pada tahap penelitian ini perlu dilakukan preprocessing data yang dimana proses tersebut dapat membantu memudahkan dalam melakukan penelitian. Tahap tersebut meliputi case folding, tokenizing, filtering dan stemming. Data yang sudah melalui proses tersebut kemudian di simpan dalam bentuk file csv. Data tweet yang sudah diproses kemudian dibagi menjadi dua dengan perbandingan 80:20 dan 60:40, setelah melalui semua proses akurasi pada perbandingan 80:20 merupakan hasil akurasi tertinggi mencapai 88,79%. Penelitian ini memberikan informasi kepada masyarakat dalam memahami tingkat sentimen antar pengguna media sosial khususnya pada Twitter dengan metode klasifikasi yang efektif.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS SENTIMEN TERHADAP PENGGUNA KLINIK KECANTIKAN PADA TWITTER MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES
Pengarang Risma Amila Putri - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RIS a 2024
Subyek naive bayes, processing data, API
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Informatika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua