ANALISIS SENTIMEN TERHADAP PENGGUNA KLINIK KECANTIKAN PADA TWITTER MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES
Twitter merupakan salah satu media sosial yang banyak diminati oleh kalangan masyarakat baik muda ataupun tua. Twitter sangat di gandrungi oleh masyarakat dalam mencari berita dan isu yang sedang diperbincangkan. Pengguna twitter di Indonesia mencapai 18,45 juta pada tahun 2022. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat sentimen masyarakat terhadap pemakaian skincare Ms Glow untuk memberikan informasi tingkat kepuasan kepada masyarakat. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode Naïve Bayes. Data yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 1157 data tweet yang didapat melalui Twitter API. Pada tahap penelitian ini perlu dilakukan preprocessing data yang dimana proses tersebut dapat membantu memudahkan dalam melakukan penelitian. Tahap tersebut meliputi case folding, tokenizing, filtering dan stemming. Data yang sudah melalui proses tersebut kemudian di simpan dalam bentuk file csv. Data tweet yang sudah diproses kemudian dibagi menjadi dua dengan perbandingan 80:20 dan 60:40, setelah melalui semua proses akurasi pada perbandingan 80:20 merupakan hasil akurasi tertinggi mencapai 88,79%. Penelitian ini memberikan informasi kepada masyarakat dalam memahami tingkat sentimen antar pengguna media sosial khususnya pada Twitter dengan metode klasifikasi yang efektif.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS SENTIMEN TERHADAP PENGGUNA KLINIK KECANTIKAN PADA TWITTER MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES |
---|---|
Pengarang | Risma Amila Putri - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RIS a 2024 |
Subyek | naive bayes, processing data, API |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Teknik |
Jurusan | Informatika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY