PERSEPSI PESERTA DIDIK KELAS VIII TENTANG PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DI SMP NEGERI 6 BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2023/2024
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi peserta didik kelas VIII tentang pemberian layanan bimbingan klasikal di SMP Negeri 6 Balikpapan. Penelitian ini dilaksankaan di SMP Negeri 6 Balikpapan dengan sumber data antara lain 11 peserta didik kelas dari VIII yang pernah mendapatkan layanan bimbingan klasikal dan 1 guru bimbingan konseling yang dipilih secara purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini pertama pada pengumpulan data tentang persepsi peserta didik, penyederhanaan data dengan data yang dikumpulkan dari penelitian untuk merangkum memfokuskan pada hal yang penting untuk memusatkan data yang didapat, kemudian penyajian data tentang persepsi peserta didik disajikan dalam teks naratif dan penarikan kesimpulan tentang persepsi peserta didik kelas VIII tentang pemberian layanan bimbingan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka dapat disimpulkan kesebelas peserta didik tersebut memiliki persepsi yang positif, pesreta didik menyatakan bahwa layanan yang sudah diberikan berguna bagi mereka dan merasa terabantu dengan adanya layanan bimbingan klasikal. Upaya yang dilakukan konselor dalam memberikan layanan bimbingan klasikal pada peserta didik yaitu melalui pemberian pemahaman mengenai fungsi dan tujuan bimbingan klasikal , dan membangun emosional dengan peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa dari penjelasan yang sudah dipaparkan maka tujuan dari pemberian layanan bimbingan klasikal sudah tercapai. Saran dari hasil penelitian ini diharapkan peserta didik lebih serius dalam mengikuti layanan-layanan bimbingan dan konseling di sekolah seperti layanan bimbingan klasikal yang diberikan oleh guru BK agar peserta didik semakin paham hakikat bimbingan klasikal sehingga munculnya persepsi peserta didik yang kurang tepatterhadap layanan bimbingan klasikal dan bagi guru bimbingan konseling hendaknya dapat meningkatkan kinerja dalam menyampaikan materi layanan bimbingan klasikal agar menarik dan lebih sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
Kata Kunci : Persepsi , Layanan Bimbingan Klasikal.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PERSEPSI PESERTA DIDIK KELAS VIII TENTANG PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DI SMP NEGERI 6 BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2023/2024 |
---|---|
Pengarang | Elsa Pratiwi - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ELS p 2024 |
Subyek | PERSEPSI Layanan Bimbingan Klasikal |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Bimbingan dan Konseling |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY