Detail Cantuman Kembali
FERA ROCHMAYANI - Personal Name

KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA PADA UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP KELAS VII SMP AL-KHAIRIYAH SAMARINDA TAHUN AJARAN 2018/2019

ROCHMAYANI, FERA. 2019. Kemampuan Matematika pada Ujian Akhir Semester Genap Siswa Kelas VII SMP Al Khairiyah Samarinda Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mulawarman. Pembimbing: (I) Drs. Jefferson Roosevelt W, MM dan (II) Dra. Suriaty, M.Pd
Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan matematika pada ujian akhir semester genap siswa kelas VII SMP Al Khairiyah Samarinda tahun ajaran 2018/2019.
Pelaksanaan penelitian pada tanggal 13 Juni sampai dengan tanggal 14 Juni 2019. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-A sampai dengan VII-B SMP Al Khairiyah Samarinda tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 50 siswa. Sedangkan objek penelitian adalah kemampuan matematika pada ujian akhir semester genap. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dengan jumlah 5 butir soal berbentuk uraian yang mencangkup semua materi matematika dalam satu semester genap. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif, yaitu menentukan kemampuan masing-masing siswa, persentase tiap kategori kemampuan, dan rata-rata kemampuan siswa berdasarkan nomor soal. Hasil penelitian juga ditampilkan dalam diagram.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan siswa yang memiliki berkemampuan baik sekali dalam mengerjakan soal matematika sebesar 2 siswa atau 4%, siswa yang berkemampuan baik sebesar 2 siswa atau 4 , siswa yang berkemampuan cukup sebesar 2 siswa atau 4%, siswa yang berkemampuan kurang sebesar 3 siswa atau 6% dan siswa yang berkemampuan sangat kurang 41 siswa atau 82%. Rata-rata kemampuan siswa pada materi perbandingan, garis dan sudut, serta segitiga dan segi empat sebesar 33,08. Dari hasil penelitian dapat disimpulakan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika pada ujian akhir semester genap di kelas VIIA sampai dengan VII-B adalah kurang sekali.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA PADA UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP KELAS VII SMP AL-KHAIRIYAH SAMARINDA TAHUN AJARAN 2018/2019
Pengarang FERA ROCHMAYANI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FER p 2019
Subyek Penelitian bersifat deskriptif kuantitatif
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN MATEMATIKA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua