Detail Cantuman Kembali
Rica Newyearly Silaban - Personal Name

Efektivitas Inovasi Pelayanan Kependudukan Melalui Aplikasi Pantai Balikpapan Oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan (Studi Pada Pelayanan Perubahan Biodata Kependudukan)

Judul Efektivitas Inovasi Pelayanan Kependudukan melalui Aplikasi Pantai Balikpapan Oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan (Studi Pada Pelayanan Perubahan Biodata Kependudukan). Pantai Balikpapan yaitu singkatan dari Pelayanan Terpadu dan Terintegrasi Buat Layanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Dalam Genggaman, yang merupakan salah satu inovasi berupa pelayanan online yang dilakukan oleh Disdukcapil Kota Balikpapan dalam meningkatkan pelayanan publik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas penggunaan aplikasi Pantai Balikpapan dalam meningkatkan ketertiban akan kemilikan dokumen kependudukan, dimana dapat dilihat berdasarkan teori yang disampaikan oleh Budiani yaitu 1) Ketepatan Sasaran Program, 2) Sosialisasi Program, 3) Tujuan Program, 4) Pemantauan Program. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan lokus penelitian pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan serta metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan informan serta penggunaan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum penggunaan aplikasi Pantai Balikpapn untuk perubahan biodata kependudukan sudah efekif, hal ini dilihat dariindikator ketepatan sasaran yaitu meningkatnya jumlah permohonan perubahan biodata kependudukan, artinya bahwa sudah banyak masyarakat yang mengetahui adanya aplikasi layanan online tersebut. Indikator sosialisasi program menunjukkan belum terlaksana secara efektif karena jumlah permohonan yang tidak dapat diproses masih tinggi. Indikator yang ketiga tujuan program dapat dikatakan sudah efektif karena pelayanan pada aplikasi ini sudah sesuai dengan tujuan yang ditetapkan antara lain penyelesaian berkas 1 x 24 jam telah terlaksana, dan indikator terakhir yaitu pemantauan program juga sudah berjalan secara efektif, dengan adanya pemeliharaan aplikasi baik menambahan menu maupun fitur dengan tujuan memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan online. Meskipun demikian masih ditemui faktor – faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan aplikasi yang dapat menjadi masukan dan bahan evaluasi bagi Disdukcapil Kota Balikpapan dalam meningkatkan pelayanan publik.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Efektivitas Inovasi Pelayanan Kependudukan Melalui Aplikasi Pantai Balikpapan Oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan (Studi Pada Pelayanan Perubahan Biodata Kependudukan)
Pengarang Rica Newyearly Silaban - Personal Name
No. Panggil THESIS RIC e 2024
Subyek Efektivitas
pelayanan
Pantai Balikpapan
Perubahan Biodata
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Magister Administrasi Publik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua