Detail Cantuman Kembali
Nur Ardiansyah - Personal Name

PENGARUH SUPLEMENTASI ASAM AMINO LISIN PADA PAKAN DENGAN DOSIS YANG BERBEDA TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP DAN PERTUMBUHAN BENIH IKAN GURAMI (Osphronemus goramy)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh penambahan suplementasi asam amino lisin yang ditambahkan pada pakan buatan terhadap kelangsungan hidup dan pertumbuhan benih ikan gurami (Osphronemus goramy), serta untuk mengetahui dosis lisin yang optimal untuk benih ikan gurami. Penelitian ini dilaksanakan pemeliharaan selama 60 hari dengan menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) 4 perlakuan dan 3 kali ulangan. Perlakuan yang digunakan yaitu penambahan lisin 0%, 1%, 2%, dan 3% pada pakan buatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan lisin pada pakan buatan berpengaruh nyata (P0,05) terhadap kelangsungan hidup dan pertumbuhan panjang total benih ikan gurami. Perlakuan P3 (2% lisin) memberikan nilai rata-rata yang tertinggi pada pertumbuhan berat mutlak, laju pertumbuhan spesifik, dan pertumbuhan panjang total, masing-masing nilai sebesar 42,91 g, 3,80 %/hari, dan 7,13 cm. Nilai parameter kualitas air selama masa pemeliharaan masih tergolong layak untuk mendukung kehidupan dan pertumbuhan benih ikan gurami dengan nilai ratarata kelangsungan hidup 100 % pada semua perlakuan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH SUPLEMENTASI ASAM AMINO LISIN PADA PAKAN DENGAN DOSIS YANG BERBEDA TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP DAN PERTUMBUHAN BENIH IKAN GURAMI (Osphronemus goramy)
Pengarang Nur Ardiansyah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NUR p 2023
Subyek , Kelangsungan Hidup
, Pertumbuhan
: Ikan Gurami (Osphronemus goramy),
Suplementasi Asam Amino Lisin,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
Jurusan Budidaya Perairan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua