ANALISIS TINGKAT KOGNITIF TERHADAP INSTRUMEN UJI KOMPETENSI PADA BUKU TEKS MATEMATIKA SMP KELAS VIII KURIKULUM 2013 BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kognitif terhadap instrumen uji kompetensi pada buku teks matematika SMP kelas VIII kurikulum 2013 berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah insturmen pilihan ganda pada uji kompetensi Buku Teks Matematika Kelas VIII Semester 1 Kurikulum 2013 (Edisi Revisi 2017). Objek dalam penelitian ini adalah tingkat kognitif instrumen pilihan ganda pada Buku Teks Matematika Kelas VIII Semester 1 Kurikulum 2013 (Edisi Revisi 2017). Pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dengan pedoman dokumentasi berdasarkan tingkat kognitif Taksonomi Bloom Revisi. Hasil penelitian diperoleh bahwa secara keseluruhan instrument pilihan ganda dalam buku siswa matematika kelas VIII semester 2 Kurikulum 2013 belum sepenuhnya sesuai dengan proporsi tingkat kognitif Taksonomi Bloom Revisi. Hal tersebut ditunjukkan, dengan perbedaan persentase masing-masing tingkat. Proporsi soal pada tingkat kognitif taksonomi bloom revisi dimana soal dengan tingkat kognitif memahami (C2) dan mengaplikasi (C3) lebih mendominasi, dan tingkat mengevaluasi (C5) serta mencipta (C6) mempunyai proporsi yang sangat kecil menunjukkan jika siswa di Indonesia masih memiliki kemampuan berpikir tingkat rendah hingga sedang, sebatas pengetahuan dasar serta penerapannya. Namun, buku ini sudah menyediakan soal untuk melatih dan mendorong kemampuan berpikir siswa jika dilihat dari persentase tingkat kognitif C2 (Memahami), C3 (Mengaplikasi), dan C4 (menganalisis)
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS TINGKAT KOGNITIF TERHADAP INSTRUMEN UJI KOMPETENSI PADA BUKU TEKS MATEMATIKA SMP KELAS VIII KURIKULUM 2013 BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI |
---|---|
Pengarang | RATIH RAHAYU ABDUL RAUF - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RAT a 2024 |
Subyek | Analisis Taksonomi Bloom Revisi TINGKAT KOGNITIF |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY