Pengaruh Profesioanlisme Guru Terhadap Motivasi Belajar Teks Persuasi Pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara
Motivasi belajar merupakan kebutuhan yang muncul dalam diri atau hal-hal di luar diri yang membuat siswa senang belajar, mampu mengatasi masalah dalam belajar demi mencapai tujuan. Motivasi belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah profesionalitas guru. Profesionalitas guru merupakan kerja guru dalam melangsungkan profesi yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh profesionalisme guru terhadap motivasi belajar teks persuasi siswa SMP Negeri 2 Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara? Tujuan yang hendak dicapai dalam penulisan ini adalah untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru terhadap motivasi belajar teks persuasi siswa SMP Negeri 2 Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif berbentuk regresi. Pengambilan sampel bersifatpopulatif sebanyak 68 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui penyebaranangket dengan menggunakan skala likert. Dalam penelitian ini memikili dua variabel yaitu variabel terikat dan variabel bebas. Variabel bebas adalah profesionalisme guru (X) dan variabel terikat adalah motivasi belajar (Y). Dari hasil uji validitas pada taraf signifikansi 5% hasil reliabilitas diperoleh Alpha sebesar 0,776. Dengan demikian dinyatakan bahwa butirbutir instrumen sangat tinggi reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan pada uji linearitas t hitung 3,015 > 1,995 dan Uji linearitas nilai pada F hitung (9,091) > F (tabel) yaitu 9,091 > 3,982 serta koofisien korelasi profesionalisme guru (Y) dengan motivasi belajar teks persuasi (X) yaitu diperoleh hasil bahwa r hitung (R) > r tabel (0,348 > 0,198) sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Jadi terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel profesionalisme guru terhadap motivasi belajar teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara. Persamaan regresi liniernya adalah Y = 56,181 + 0,340X. Persamaan ini menunjukkan bahwa setiap koofisien profesionalisme guru akan meningkatkan terhadap motivasi belajar teks persuasi sebaesar 0,340 atau kompetensi profesional guru memiliki pengaruh sebesar 34% terhadap motivasi belajar teks persuasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sebulu kutai Kartanegara dan sisanya 66% dipengaruhi oleh faktor lain.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Profesioanlisme Guru Terhadap Motivasi Belajar Teks Persuasi Pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara |
---|---|
Pengarang | Ahmad Ibrahim - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI AHM p 2024 |
Subyek | motivasi belajar Profesialisme Guru |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY