Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Manajemen Waktu Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bimbingan kelompok dalam meningkatkan manajemen waktu siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif pra eksperimen dengan desain penelitian onegroup-pretest-postest. Penelitian ini memiliki populasi 27 siswa dengan sampel sebanyak 6 responden yang mana pengambilan sampel menggunakan Non-probability Sampling dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket manajemen waktu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengujian hipotesis menggunakan uji T dengan bantuan SPSS 24 For Windows. Adapun hasil penelitian ini yang diperoleh yaitu, thitung (5,278) ≥ dari ttabel (2,015) yang bermakna Ha diterima Ho ditolak, artinya bimbingan kelompok dapat meningkatkan manajemen waktu siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda. Kondisi awal manajemen waktu siswa dilihat dari hasil skor sebelum diberikan layanan nilai rata-rata pretest yaitu 50,5 atau 47% yang berada pada kategori rendah. Setelah diberikan layanan nilai rata-rata naik menjadi skor 66,8 atau 62% yang berada pada kategori sedang. Jadi kenaikan skor rata-rata yaitu skor 16,3 atau sebesar 15% yang berada pada tingkat kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan manajemen waktu siswa X Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Manajemen Waktu Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda |
---|---|
Pengarang | Annisa Prisilia Nur Kholifah - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ANN b 2024 |
Subyek | bimbingan kelompok manajemen waktu |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Ilmu Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY