Strategi Pemasaran Bawang Merah (Allium cepa L.) Di Pasar Segiri Kota Samarinda
MUTIA ADAWIAH. Strategi Pemasaran Bawang Merah (Allium cepa L.) Di Pasar Segiri Kota Samarinda. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2023. (dibawah bimbingan Siti Balkis). Strategi Pemasaran merupakan rencana atau strategi yang digunakan oleh suatu penjualan dibidang pemasaran yang memberikan pedoman tentang apa saja kegiatan yang dilakukan demi mencapai tujuan perusahaan mulai dari periklanan, promosi, penjualan produk serta pendistribusian. Strategi Pemasaran Bawang Merah dilakukan di Pasar Segiri Kota Samarinda yang cukup baik dengan pemasarannya dan menjadikan Pemasaran Bawang merah menjadi daya tarik peneliti untuk memperdalam pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman untuk mengetahui strategi apa yang sebaiknya digunakan para pedagang dalam memasarkan bawang merah mengingat banyaknya pesaing yang ada. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah menggunakan kuesionar dengan responden berjumlah 12 orang pedagang bawang merah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan yaitu analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa memiliki sumber daya yang berasal dari dalam keluarga serta berpengalaman merupakan kekuatan, terbatasnya modal dalam usaha serta sistem pembukuan yang masih manual merupakan kelemahan. Adanya pedagang bawang merah lain yang banyak dan persaingan antar pedagang merupakan sebuah ancaman, tetapi dengan kebutuhan bawang merah yang selalu tinggi serta seringnya kedatangan pembeli menjadikan itu sebuah peluang. Strategi pemasaran yang digunakan adalah dengan memanfaatkan faktor kekuatan, kelemahan, serta peluang, dan ancaman yang terjadi juga mengoptimalkan keahlian dalam pemasaran offline ataupun online. Mendatangkan banyak pembeli dan menaikan kualitas serta kemampuan pemasaran yang muncul dalam persaingan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Strategi Pemasaran Bawang Merah (Allium cepa L.) Di Pasar Segiri Kota Samarinda |
---|---|
Pengarang | Mutia Adawiah - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MUT s 2024 |
Subyek | ANALISIS SWOT Strategi Pemasaran Bawang merah |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Pertanian |
Jurusan | Agribisnis |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY