PENINGKATAN KEMAMPUAN SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IMMANUEL SAMARINDA
Oktaria Lukas, 2023. Peningkatan Kemampuan Sains Melalui Metode Eksperimen Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Immanuel Samarinda, dibawah bimbingan Dr.Evie Palenewen, M.Pd selaku dosen Pembimbing I dan Fachrul Rozie, M.Pd selaku dosen Pembimbing II. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan sains melalui metode eksperimen anak usia 5-6 tahun di TK Immanuel Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B berjumlah 22 anak yaitu 13 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan sains anak usia 5-6 tahun melalui metode eksperimen. Penelitian terdiri dari 3 siklus yang dalam siklus tersebut setiap siklus dilaksanakan dengan 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa nilai kemampuan mengenal sains pada anak, kemudian dianalisis dengan statistik sederhana untuk memperoleh nilai rata-rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui metode eksperimen dalam kegiatan pencampuran warna di TK Immanuel Samarinda. Mengalami peningkatan, peningkatan tersebut terdiri dari siklus I menujukkan bahwa kemampuan sains anak mengalami peningkatan yang cukup memuaskan dengan perolehan presentase 46% yang termasuk kriteria mulai berkembang, hal ini dikarenakan anak masih ragu dan takut untuk melakukan eksperimen. Siklus II menujukkan bahwa kemampuan sains anak memuaskan dengan perolehan presentase 69,4% yang termasuk kriteria berkembang sesuai harapan, kriteria berkembang sesuai harapan tercapai karena anak sudah mulai berani untuk melakukan percobaan walaupun masih ada beberapa anak belum fokus masih asik main sendiri. Siklus III menujukkan bahwa kemampuan sains anak sangat memuaskan dengan perolehan presentase 84% yang termasuk kriteria berkembang sangat baik, hal ini dikarenakan guru dan peneliti memberikan berbagai macam contoh eksperimen sehingga anak begitu menyenangi pelajaran ini. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas yang telah dilakukan melalui beberapa tindakan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan sains pada anak dalam pembelajaran di TK Immanuel Samarinda.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN KEMAMPUAN SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IMMANUEL SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Oktaria Lukas - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI OKL p 2024 |
Subyek | Anak Usia 5-6 Tahun, Eksperimen Kemampuan Sains |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN ANAK USIA DINI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY