HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN SELF REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA FAKULTAS FARMASI UNIVERSITAS MULAWARMAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dan self regulated learning. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 100 mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Mulawarman yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala motivasi belajar dari Susanto (2019) yang telah dimodifikasi berdasarkan aspek Uno (2016) dengan nilai Alpha = 0.823 dan skala self regulated learning dari istiqomah (2022) yang telah dimodifikasi berdasarkan aspek Zimmerman (dalam Syukra, 2022) dengan nilai Alpha = 0.79. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan uji kendall’s tau. Berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan antara motivasi belajar dan self regulated learning dengan nilai r = 0.589 dengan nilai signifikansi (p) = 0.000 (< 0.05). Hal ini menunjukkan adanya hubungan positif dan termasuk hubungan dalam kategori sedang. Artinya semakin tinggi motivasi belajar yang dimiliki maka semakin tinggi pula self regulated learning pada mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Mulawarman.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN SELF REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA FAKULTAS FARMASI UNIVERSITAS MULAWARMAN |
---|---|
Pengarang | ADINDA SITI AISAH - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ADI h 2024 |
Subyek | motivasi belajar regulasi diri dalam belajar mahasiswa Farmasi |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Psikologi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY