Detail Cantuman Kembali
Fatimah Nur Aliya Mahruf - Personal Name

Representasi Isu Lingkungan pada Iklan Marjan "Baruna Sang Penjaga Samudra" 2023 Episode 1 dan 2 (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)

Isu lingkungan telah menjadi pembicaraan beberapa tahun terakhir, edukasi dan informasi tentang kondisi alam yang semakin memburuk sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan alam. Mengingat maraknya isu lingkungan beberapa tahun terakhir membuat PT Lasallefood Indonesia Turut berpartisipasi dengan mengangkat isu lingkungan sebagai konsep iklan mereka tahun 2023 ini. sebagai wujud kepeduliaanya terhadap pencemaran laut dan sampah di laut marjan merilis seri iklan ramadhan yang terbagi kedalam dua epsiode dengan judul “Baruna Sang Penjaga Samudra” yang di rilis dalam akun media sosial YouTube Marjan Boudoin dan saluran televisi. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan isu lingkungan berupa pencemaran laut yang direpresentasikan dalam iklan marjan “baruna sang penjaga samudra” episode 1 dan 2 dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data Observasi dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan mengamati scene terkait pencemaran laut yang didapatkan melalui simbol-simbol dan tanda-tanda yang ditampilkan sepanjang iklan marjan “baruna sang penjaga samudra” episode 1 dan 2 melalui pendekatan Teori Semiotika Charles Sanders Pierce. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Iklan marjan Baruna Sang Penjaga Samudra mencoba merepresentasikan 3 aspek secara garis besar terkait isu lingkungan pencemaran laut, yang pertama tindakan pencemaran laut yang direpresentasikan tokoh orang dewasa yang merupakan nelayan dan anak-anak sebagai warga desa pesisir pantai yang membuang sampah plastik kelaut, yang kedua dampak pencemaran sampah plastik pada lingkungan laut yang direpresentasikan dengan lautan bagian dalam dan permukaan yang sudah dipenuhi dengan sampah plastik, yang terakhir dampak dari pencemaran laut yang sedang terjadi terhadap biota laut yang di representasikan dengan sosok naga sebagai biota laut yang terdampak pencemaran laut berupa termakan sampah sampah plastik.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Representasi Isu Lingkungan pada Iklan Marjan "Baruna Sang Penjaga Samudra" 2023 Episode 1 dan 2 (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)
Pengarang Fatimah Nur Aliya Mahruf - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FAT r 2024
Subyek Sampah Plastik
semiotika
Charles Sanders Peirce
Iklan Marjan
pencemaran laut
Representasi Isu Lingkungan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Ilmu Koumunikasi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua