Detail Cantuman Kembali
Fitrah Agus - Personal Name

PEMANFAATAN GULMA BERBUNGA SEBAGAI REFUGIA PADA TANAMAN JERUK KASTURI (Citrus microcarpa) DI LEMPAKE

FITRAH AGUS. Pemanfaatan Gulma Berbunga Sebagai Refugia Pada Tanaman Jeruk Kasturi (Citrus microcarpa) Di Lempake. Jurusan Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman, 2024. (dibawah bimbingan E. Akhmad Syaifudin). Gulma merupakan tumbuhan yang pada daerah pertanaman budidaya keberadaannya lebih bersifat merugikan daripada menguntungkan bagi tanaman budidaya. Tetapi, gulma berpotensi untuk dijadikan sebagai refugia terutama gulma yang memiliki bunga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gulma yang dapat dimanfaatkan sebagai refugia pada tanaman jeruk kasturi di Lempake dan jenis musuh alami yang kehidupannya didukung oleh refugia tersebut.
Penelitian dilaksanakan dari bulan Oktober sampai dengan Desember 2023 di lahan tanaman jeruk kasturi (Citrus microcarpa) tepatnya di Lempake, Samarinda. Metode dalam penelitian ini adalah kemampuan refugia dalam mendatangkan musuh alami untuk menekan serangan hama dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri atas 3 perlakuan dan 10 ulangan. Data yang diperoleh dianalisis dengan sidik ragam dan diuji lanjut menggunakan Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf 5%.
Penelitian ini menunjukkan bahwa Gulma Wedelia trilobata L. dan Asystasia gangetica dapat dimanfaatkan sebagai refugia pada tanaman jeruk kasturi di Lempake yang mampu mendatangkan dan mendukung kehidupan berbagai jenis musuh alami yang terdiri atas 6 ordo yaitu Araneae, Coleoptera, Diptera, Hymenoptera, Mantodea, dan Odonata dengan total jumlah spesies sebanyak 995 individu musuh alami yang membantu mengendalikan hama pada tanaman jeruk kasturi secara alami.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PEMANFAATAN GULMA BERBUNGA SEBAGAI REFUGIA PADA TANAMAN JERUK KASTURI (Citrus microcarpa) DI LEMPAKE
Pengarang Fitrah Agus - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FIT p 2024
Subyek gulma
hama
Refugia
musuh alami
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agroekoteknologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua